Wagub DKI Pastikan Tak Gelar Open House dan Buka Puasa Bersama

    Kautsar Widya Prabowo - 06 Mei 2021 11:00 WIB
    Wagub DKI Pastikan Tak Gelar <i>Open House</i> dan Buka Puasa Bersama
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza). Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo



    Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) memastikan tidak akan menggelar open house saat Idulfitri 1442 Hijriah dan kegiatan buka puasa bersama. Pemerintah melarang kepala daerah menggelar acara open house dan buka puasa bersama pada ramadan tahun ini.

    "Presiden (Joko Widodo) meminta tidak ada open house tidak ada buka puasa, kami pejabat-pejabat tidak pernah bikin buka bersama di kantor," ujar Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Mei 2021.

     



    Ariza mempersilahkan masyarakat mengawasi kebijakan tersebut di Pemprov DKI. Dia meminta masyarakat melapor bila medapati wali kota, wakil wali kota, lurah, atau pejabat aparatur sipil negara (ASN) di bawah Pemprov DKI menggelar open house dan buka puasa bersama.

    Dia memastikan bakal memberikan sanksi tegas kepada jajarannya yang melanggar aturan. Dia juga meminta aparat menindak ASN yang membandel.

    "Berikan sanksi siapa saja yang melanggar, apa orang per orang, institusi, restoran, hotel, tempat pariwisata. Yang melanggar akan diberikan sanksi aparat yang berwenang," jelasnya.

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta gubernur, bupati/wali kota se-Indonesia agar melakukan pembatasan buka puasa bersama dan pelarangan open house pada saat maupun pascalebaran. Hal itu disampaikan melalui Surat Edaran Nomor 800/2794/SJ tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadan dan Pelarangan Open House/Halalbihalal pada Hari Raya Idulfitri 1442 H/Tahun 2021.

    “Diminta kepada saudara gubernur, bupati/wali kota mengambil langkah-langkah sebagai berikut, melakukan pembatasan kegiatan buka puasa bersama, tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 (lima) orang selama bulan Ramadan 1442 H/Tahun 2021,” sebagaimana kutipan poin a dalam edaran tersebut.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id