TransJakarta Buka Rute Baru dari Dukuh Atas

    Nur Azizah - 15 Maret 2019 11:06 WIB
    TransJakarta Buka Rute Baru dari Dukuh Atas
    Penumpang menaiki bus Metrotrans saat ujicoba di kawasan Bundaran HI, Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)
    Jakarta: PT Transjakarta menyediakan empat rute baru yang terintegrasi antarmoda transportasi. Keempat rute yakni Dukuh Atas-Sam Ratulangi (DA1), Dukuh Atas-Tanah Abang (DA2), Dukuh Atas-Kuningan (DA3), dan Dukuh Atas-Kota (DA4).

    Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph mengatakan, keempat rute akan mulai beroperasi hari ini, Jumat 15 Maret 2019 mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Ada 12 bus Metrotrans yang akan melayani empat rute tersebut.
    Daud menuturkan, pemilihan Dukuh Atas sebagai layanan integrasi TransJakarta lantaran wilayah tersebut menjadi titik pertemuan lima moda transportasi. Di sana ada MRT Jakarta, Transjakarta, LRT Jabodebek, Railink, dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

    "Ini adalah rute yang menghubungkan beberapa moda transportasi dalam suatu kawasan terpadu," ungkap Daud, di Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019.

    Baca juga: MRT Harus Membaur

    Setelah pembukaan rute di Dukuh Atas, Transjakarta juga berencana menyediakan layanan terintegrasi serupa di kawasan Bintaro Serpong Damai (BSD) dan Bintaro.  Rute pertama ialah menghubungkan antara BSD dan Stasiun MRT Jakarta.

    "Kedua, kita mau sambungan Bintaro Trade Center dan ketiga yakni Bintaro Exchange," tambah Daud.

    Untuk izin dengan sifat teknis, Transjakarta telah berkoordinasi dengan pengembang di Bintaro yang dipimpin langsung Wali Kota Tangerang Selatan. PT TransJakarta mengaku telah mendapat izin dari Pemprov DKI Jakarta untuk memperpanjang integrasi hingga ke Tangerang.

    "Izin telah disetujui oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta dengan menerbitkan surat rekomendasi untuk rute Royaltrans dari Tangerang Selatan maupun Cinere, Depok," ucap dia.

    Saat ini Transjakarta juga sedang mempersiapkan layanan dari Pondok Cabe melewati Stasiun MRT menuju Tanah Abang dengan tarif reguler sebesar Rp3.500.

    Baca juga: MRT Jakarta Jual Hak Penamaan Stasiun



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id