comscore

Limbah Medis di DKI Naik 36% pada 2021

Antara - 17 Desember 2021 23:50 WIB
Limbah Medis di DKI Naik 36% pada 2021
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: Produksi limbah medis, termasuk sisa sampah terkait covid-19, di DKI Jakarta meningkat 36 persen. Jumlah limbah medis covid-19 pada lima tempat pembuangan sampah (TPS) limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) skala kota mencapai mencapai 2.106,65 kilogram pada 2021, sedangkan pada 2020 1.538,77 kg. 

"Pemprov DKI telah melakukan berbagai upaya untuk mengelola limbah medis terutama dari hulu. Salah satunya dengan membangun sistem pengelolaan limbah medis dari rumah tangga berbasis wilayah. Selain itu, Pemprov DKI mengelola limbah medis di tempat isolasi terkendali," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto dalam acara diskusi Aliansi Jurnalis Peduli Lingkungan Indonesia (AJPLI) di Jakarta, Jumat, 17 Desember 2021.
Untuk pengelolaan limbah rumah tangga, DLH DKI membangun sistem hingga level kecamatan. Ada satu lokasi yang difungsikan sebagai tempat pengumpulan seluruh limbah medis (masker, sarung tangan, dan sebagainya) yang bersumber dari rumah tangga di kecamatan tersebut.

Baca: Aduan Dugaan Korupsi Terbanyak dari Jakarta Sepanjang 2021

Limbah medis yang dikumpulkan di skala kecamatan kemudian diangkut ke TPS limbah B3 skala kota dengan menggunakan truk boks. Dari TPS, limbah tersebut kembali dipindahkan. 

"Limbah yang terkumpul di TPS skala kota diangkut pihak ketiga jasa pengolah limbah B3 menuju lokasi pemusnahan atau insinerator untuk memusnahkan limbah medis covid-19 yang bersumber dari rumah tangga," ujar Asep.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id