Seluruh Pekerja Lepas DKI akan Diasuransikan

    Nur Azizah - 02 April 2019 11:43 WIB
    Seluruh Pekerja Lepas DKI akan Diasuransikan
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana mendaftarkan seluruh pegawai lepas di lingkungan Pemprov DKI ke Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK). Ia ingin seluruh pegawai lepas memiliki perlindungan bila ada kecelakaan.

    "Semua pegawai lepas kita, ada PPSU, RT/RW, dan nanti ada wisma PKK. Semuanya kita bayarkan premi untuk BPJSTK. Sehingga apabila ada kecelakaan dalam menjalankan pekerjaan, maka ada perlindungan," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 2 April 2019.

    Mantan Mendikbud ini yakin adanya jaminan bisa membuat pekerja lebih giat. Ia khawatir bila tidak ada jaminan dalam bekerja akan memengaruhi produktivitas mereka.

    "Prinsip kami di DKI adalah ingin melindungi semua pekerja yang agar kerja merasa aman dan tenang. Kalau kita enggak berikan, maka jangan harap mereka akan bekerja dengan baik dan tenang," ujarnya.

    Ide kebijakan ini muncul setelah kasus tewasnya Naufal Rasyid, petugas pasukan oranye yang tewas tertabrak saat menyapu jalan. Dia salah satu korban tabrak lari.

    Kabar tewasnya Rasyid mendapat perhatian besar dari Anies. Ia bahkan ikut menggotong keranda mayat Naufal hingga ke peristirahatan terakhirnya.

    Baca: Pelaku Tabrak Lari Petugas PSU Terancam 5 Tahun Penjara

    Dan siang ini, keluarga korban mendapatkan santunan dari BPJSTK senilai Rp196 juta. Anies menyampaikan, seberapa besar santunan yang diberikan tidak akan bisa menggunakan Naufal.

    "BPJSTK menunaikan yang menjadi kewajibannya dengan menyerahkan santunan sebesar Rp 196 juta yaitu 48 kali gajinya. Sebesar apapaun santunan gak bisa menggantikan Naufal. Tapi ini meringankan beban keluarga" pungkas dia.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id