Anies Beri Diskon Pajak Lahan RTH

    Nur Azizah - 25 April 2019 10:06 WIB
    Anies Beri Diskon Pajak Lahan RTH
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal memberikan potongan harga untuk lahan kosong yang dialihfungsikan menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH). Kebijakan ini agar RTH di Ibu Kota semakin banyak.

    "Kalau dimanfaatkan untuk ruang terbuka maka Pemprov memberikan potongan pajak sebesar 50%," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Maret 2019.

    Kebijakan potongan harga itu akan diberlakukan mulai tahun 2019. Namun belum ada peraturan gubernur yang dikeluarkan terkait kebijakan tersebut.

    Sementara itu, untuk 'lahan tidur', Anies bakal  memberikan denda pajak dua kali lebih besar.  Ia menyebut, lahan kosong rentan membawa penyakit, lantaran menjadi sarang nyamuk dan hewan liar.

    "Lahan ini harus dimanfaatkan, jangan dibiarkan kosong. Kalau mau dibangun tidak apa-apa, kita senang dan pajaknya tidak berubah. Tapi kalau dibiarkan kosong pajaknya naik dua kali lipat," terangnya.

    Baca: Pajak 'Lahan Tidur' di Jalan Protokol Bakal Naik

    Mantan Mendikbud ini mengaku masih mendata lahan-lahan kosong yang ada di Jakarta. Lahan-lahan itu tersebar di kawasan Sudirman, Thamrin, M.T Haryono, Gatot Subroto, dan Kuningan.

    "Ada banyak (lahan kosong) dan secara jumlah mudah sekali diidentifikasi. Fase pertama kita fokus di Jalan Sudirman, Thamrin, MT Haryono, Gatot Subroto dan Rasuna Said. Di sana lahan-lahannya bisa teridentifikasi dengan mudah," ucap dia.

    Mantan Mendikbud ini menuturkan, cara tersebut bisa memangkas biaya belanja pemerintah. Sebab, Pemprov bisa membangun taman tanpa membeli lahan.

    "Kita selama ini selalu belanja, beli lahan, padahal sebenarnya enggak harus beli lahan. Cukup dengan memberikan diskon seperti ini," pungkas dia.

    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id