comscore

Wagub DKI: Pengembalian Lebih Bayar Pengadaan Mobil Damkar Sisa Rp1 M

Kautsar Widya Prabowo - 16 April 2021 02:50 WIB
Wagub DKI: Pengembalian Lebih Bayar Pengadaan Mobil Damkar Sisa Rp1 M
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan pengembalian uang lebih bayar terkait pengadaan mobil pemadam kebakaran (damkar) pada APBD 2019 tengah dilakukan. Terdapat selisih harga rill dengan harga kontrak mencapai Rp6,5 miliar.

"Kekurangan tinggal Rp1 miliar lebih saja itu akan dibayarkan dalam waktu dekat," ujar Ariza di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 15 April 2021.
Ariza menyebut pengembalian dana dilakukan pihak swasta. Dana dipastikan langsung masuk ke kas negara.

Dia menyebut pihaknya mengikuti rekomendasi Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terkait pengembalian dana. Ariza juga telah memerintahkan inspektorat mendalami persoalan tersebut.

"Kalau kata BPK harus dikembalikan, dikembalikan dan yang mengembalikan itu dari pihak swasta. Enggak ada hubungan dengan Pemprov," ujar dia.

(Baca: Wagub DKI Minta Kelebihan Bayar Mobil Damkar Rp6,5 Miliar Dikembalikan ke Negara)

Sementara itu, Komisi A DPRD DKI Jakarta mencatat pembayaran yang sudah terealisasi Rp4,8 miliar. Data tersebut bersumber dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta per 9 April 2021. Pembayaran dalam tiga tahap, dengan sisa pembayaran Rp1,6 miliar.

Sebelumnya, BPK DKI menemukan beberapa permasalahan dalam pengadaan mobil damkar di Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI pada APBD 2019. Pembelian mobil lebih mahal Rp6,5 miliar dari harga pasar.

BPK mencatat indikasi kerugian daerah Rp6,52 miliar dihitung dari harga kontrak dengan harga riil untuk empat item berbeda. Detail harganya, submersible Rp761,67 juta, quick response Rp3,48 miliar, penanggulangan kebakaran pada sarana transportasi kebakaran pada sarana transportasi massal (robot LUF 60) Rp844,19 juta, dan material kebakaran (robot MVF-5) Rp1,43 miliar.

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id