TPU Srengseng Sawah Penuh, Permakaman Jenazah Covid-19 Tersisa di 3 Lokasi

    Sri Yanti Nainggolan - 26 Januari 2021 16:27 WIB
    TPU Srengseng Sawah Penuh, Permakaman Jenazah Covid-19 Tersisa di 3 Lokasi
    Ilustrasi. Petugas pemakaman menurunkan peti jenazah pasien covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Senin, 30 Maret 2020. Antara/Muhammad Adimaja



    Jakarta: Tempat Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, yang disiapkan untuk memakamkan jenazah covid-19 sudah penuh. TPU seluas 5.000 meter persegi itu memiliki kapasitas 560 petak makam.

    "Per tanggal 25 kemarin kita tutup," kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Ivan Murcahyo saat dikonfirmasi, Selasa, 26 Januari 2021. 






    Ivan mengatakan masih ada beberapa permakaman yang disiapkan untuk mengebumikan jenazah covid-19, di antaranya TPU Tegal Alur, Jakarta Barat. TPU seluas 1,3 hektare dengan kapasitas 2.700 petak makam itu khusus untuk jenazah Muslim. 

    "Saat ini posisi masih persiapan," ujar dia. 

    Baca: 100 Jenazah Dimakamkan dengan Protap Covid-19 Per Hari

    Pemprov DKI juga menyiapkan TPU Bambu Wulung, Jakarta Timur, untuk memakamkan jenazah covid-19. TPU seluas 3.000 meter persegi dengan kapasitas 800 petak makam itu juga khusus untuk Muslim. 

    Selain itu, ada TPU Rorotan, Jakarta Utara, yang disiapkan untuk menampung jenazah covid-19. Ada 1.500 petak makam yang tersedia di atas lahan seluas 8.100 meter persegi itu. 

    Namun, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta masih menyiapkan akses jalan menuju TPU tersebut. "Mudah-mudahan kalau cuaca terang tak banyak hujan, kita segerakan (membangun akses jalan) di minggu pertama atau kedua Februari," jelas dia.

    TPU Rorotan akan difungsikan memakamkan jenazah Muslim dan Kristen. Namun, pengerjaan permakaman Muslim didahulukan akibat kebutuhan yang lebih banyak. 

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id