300 Tahanan Polda Metro Jalani Swab Test Covid-19

    Siti Yona Hukmana - 28 September 2020 15:18 WIB
    300 Tahanan Polda Metro Jalani <i>Swab Test</i> Covid-19
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak 300 tahanan di rumah tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya menjalani swab test virus korona (covid-19). Mereka merupakan tahanan titipan yang akan dilimpahkan ke lembaga pemasyarakatan (lapas).

    "Tujuannya pada proses pelimpahan ke lapas. Sebanyak 300 ini tahanan yang berstatus vonis, (tahanan) berstatus A3 dalam proses (persidangan) sudah pindah, karena over kapasitas. Ini kan sudah 100 persen," kata Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya AKBP Rahmat kepada Medcom.id, Senin, 28 September 2020. 

    Rahmat mengatakan swab test dilakukan di Rutan Polda Metro Jaya pada pukul 08.00 WIB hingga selesai. Penyelenggaraan tes usap bekerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI, dokter Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), kejaksaan, dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya. 

    Baca: Pemprov DKI Sediakan 3 Lokasi Isolasi Pasien Covid-19

    Menurut Rahmat swab test lebih akurat dibanding rapid test. Sehingga tahanan yang terjangkit korona bisa dideteksi. Dia tidak ingin tahanan yang dipindahkan, dikembalikan ke Polda Metro Jaya akibat positif covid-19.

    "Kalau kita rapid test saja, sampai di sana dibilang positif lalu balik lagi, padahal dia (tahanan) juga tidak apa-apa, di sana padahal ada tempat isolasi," ungkap Rahmat. 

    Sebanyak 300 narapidana merupakan tahanan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. Selain itu, ada juga tahanan dari Direktorat Tahanan dan Bukti (Tahti) Polda Metro Jaya dan polres di jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id