Dukcapil DKI Klarifikasi Hoaks Soal Kartu Keluarga

    Kautsar Widya Prabowo - 29 November 2019 23:09 WIB
    Dukcapil DKI Klarifikasi Hoaks Soal Kartu Keluarga
    Tangkapan layar pemberitaan palsu dari pesan berantai WhatsApp. foto: Medcom.id
    Jakarta: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta mengklarifikasi kabar pembaruan Kartu Keluarga (KK) dengan tenggat akhir 2019. Kepala Dukcapil DKI Dhany Sukma memastikan informasi tersebut hoaks, karena pihaknya tak memberi tenggat.

    "Kami luruskan terkait informasi di media sosial yang mengatakan bahwa batas waktunya 31 Desember 2019 adalah tidak benar," ujar Dhany saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat, 29 November 2019. 

    Dia mengakui pihaknya mengimbau masyarakat membarui KK, karena ada format terbaru yang akan diaplikasikan ke dokumen itu. Pemerintah bakal menanamkan sistem barcode untuk efektifitas KK.

    "Pemutakhiran data kartu keluarga diantaranya berfungsi agar penyaluran program pemerintah dan dana bantuan sosial lebih tepat sasaran," tuturnya. 

    Lebih lanjut, warga Jakarta yang ingin melakukan pemutakhiran data KK, dapat mendatangi kelurahan di seluruh wilayah Jakarta. Petugas Dukcapil akan melayani masyarakat, warga juga bisa mendaftar via aplikasi Alpukat Betawi. 

    Sebelumnya, tersebar informasi dengan mengatasnamakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengingatkan agar dapat memperbarui KK sebelum 31 Desember 2019. Jika tidak dilakukan hingga 1 Januari 2020, masyarakat harus mengurus pembaruan KK ke Dukcapil.  

    "Bila ibu bapak mau ambil KK barumohon KK lamanya dibawa serta karena KK lama itu akan diserahkan kembali ke kelurahan bagian kependudukan catatan sipil (dukcapil)," tulis informasi hoaks itu. 



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id