Polisi Ngotot Abaikan Pergub untuk Urusan Otopet Listrik

    Candra Yuri Nuralam - 28 November 2019 06:58 WIB
    Polisi Ngotot Abaikan Pergub untuk Urusan Otopet Listrik
    Ilustrasi otopet listrik. ANT/Akbar Nugroho Gumay.
    Jakarta: Polisi bersikeras otopet listrik dilarang melintas di jalur sepeda. Aparat keamanan tak mau ambil risiko meski Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 128 Tahun 2019 tentang Penyediaan Jalur Sepeda menyebut otopet listrik boleh melintas di jalur sepeda. 

    "Nanti kalau ada kecelakaan yang salah siapa? Yang salah sepedanya toh, kalau dia keluar jalur, sudah dikasih jalurnya masing-masing, sudah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu, 27 November 2019. 

    Pergub mengatur kendaraan yang dapat melintas di jalur sepeda, yakni sepeda listrik, sepeda biasa, otopet, skuter, hoverboard, dan unicylce. Ruas jalan yang sudah siap dilewati kendaraan tersebut juga tercantum di dalam Pergub Nomor 128 Tahun 2019

    Namun, Yusri menegaskan otopet listrik hanya boleh beroperasi di kawasan tertentu. Keputusan itu atas kesepakatan dengan Dinas Perhubungan DKI.

    "Ini kesepakatan kita, sosialisasi kan ini. Supaya enggak jalan-jalan semaunya. Disampaikan Dishub dan ada Ditlantas, disampaikan kepada masyarakat bisa digunakan hanya di kawasan tertentu saja, sehingga dari pihak Grab-nya sudah banyak memindahkan juga," ujar Yusri.

    Yusri mengatakan aturan soal penggunaan otopet listrik sudah rampung. Kepolisian tinggal menunggu aturan tersebut ditandatangani.

    Polisi menegaskan skuter listrik hanya boleh beroperasi di titik tertentu. Penggunaan otopet listrik ke jalan raya bisa dipenjara selama satu bulan.

    Kepolisian akan menggunakan Pasal 282 Undang-Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan dalam menjerat pengguna otopet listrik yang membandel. Ancaman hukuman dalam aturan tersebut yakni kurungan selama satu tahun dan denda Rp250 ribu.

    Namun, kepolisian akan mengedepankan sikap persuasif dengan meminta pengguna otopet listrik kembali ke jalurnya sebelum menindak.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id