Antisipasi Banjir, Damkar DKI Siagakan 280 Perahu Karet

    Kautsar Widya Prabowo - 20 Oktober 2020 05:03 WIB
    Antisipasi Banjir, Damkar DKI Siagakan 280 Perahu Karet
    Seorang warga membawa kursi di atas kepalanya saat banjir melanda kawasan permukiman di Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 5 Oktober 2020. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta telah mengantisipasi banjir di Ibu Kota. Salah satunya dengan menyiapkan perahu karet. 

    "Sebanyak 280 perahu karet kami sifatnya standby untuk penyelamatan dan evakuasi. Pos pemadam kita ada 139 pos. Baik di kecamatan atau kelurahan satu pos minimal satu atau dua perahu karet," ujar Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan di Jakarta, Senin, 19 Oktober 2020. 

    Menurut dia, pihaknya juga sudah menyiapkan rencana evakuasi masyarakat di lokasi rawan banjir. Rencana dibuat dengan mencantut peta evakuasi yang dapat dengan mudah diakses masyarakat. 

    Sejumlah peralatan lain untuk menunjang proses evakuasi sudah disiagakan. Tambang dan tangga dipastikan tersedia di setiap pos pemadam.

    "Pengalaman kalau banjir listrik mati, warga menggunakan alat penerangan seperti lilin. Kalau kebakaran penghuni rumah yang sedang di lantai atas dia harus lompat ke tempat banjir, belum tentu masyarakat berani untuk lompat," jelas dia.

    Baca: Curah Hujan Tinggi, 19 Titik di Ibu Kota Tergenang

    Pemadam kebakaran (damkar) di seluruh wilayah di Ibu Kota akan ditugaskan memeriksa kembali seluruh peralatan tersebut. Dengan begitu, peralatan-peralatan siap digunakan. 

    "Perahu karet dipastikan prima. Ini masih pra-menghadapi banjir saya instruksikan anggota untuk cek kembali peralatan tambang, tangga," tutur dia.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id