Krisis Lahan, TPU Pondok Ranggon Serahkan Pemakaman ke Tempat Lain

    Zaenal Arifin - 29 Desember 2020 03:04 WIB
    Krisis Lahan, TPU Pondok Ranggon Serahkan Pemakaman ke Tempat Lain
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Pengelola Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur, menyerahkan jenazah korban virus korona (covid-19) yang akan dikebumikan kepada TPU lain. Lahan pemakaman di TPU Pondok Ranggon sudah mulai penuh.

    "Sebanyak 70 persen berbanding 30 persen. Artinya, kalau rata-rata per hari ada 75 jenazah yang datang ke TPU Pondok Ranggon, maka 50 jenazah dirujuk ke Tegal Alur, 25 jenazah lainnya dimakamkan secara tumpang yang tersebar di TPU-TPU lain di lima wilayah kota administrasi Jakarta," kata Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 TPU Pondok Ranggon,? Muhaemin, di Jakarta, Senin, 28 Desember 2020.






    Baca: Lahan Penuh, TPU Pondok Ranggon Berlakukan Sistem Tumpang Jenazah

    Menurut dia, TPU Pondok Ranggon telah memakamkan 4.650 jenazah pasien covid-19 sepanjang Maret hingga 25 Desember 2020 di blok muslin dan nonmuslim. Per Jumat, 25 Desember 2020, lahan khusus pemakaman pasien covid-19 yang dibuka sejak akhir Oktober 2020 sudah terisi penuh.

    Pengelola TPU Pondok Ranggon akhirnya merujuk jenazah korban covid-19 ke TPU lain atau di luar TPU khusus. Pemakaman jenazah pasien covid-19 di TPU Pondok Ranggon saat ini hanya berlaku secara tumpang dengan sejumlah persyaratan.

    "Untuk secara umum, jenazah yang dimakamkan dengan protap (prosedur tetap) covid-19 saat ini dirujuk ke TPU Tegal Alur. Kecuali bila di salah satu makam di TPU Pondok Ranggon ada jenazah dari keluarganya. Kalau diizinkan, kita makamkan secara tumpang," tutur Muhaemin.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id