TransJakarta Bantu Penumpang KRL yang Telantar di Manggarai

    Sri Yanti Nainggolan - 13 Februari 2020 09:52 WIB
    TransJakarta Bantu Penumpang KRL yang Telantar di Manggarai
    KRL. Foto: MI/Bary Fathahilah
    Jakarta: PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menambah rute perjalanan selama perbaikan wesel Stasiun Manggarai-Kota. Rute bus langsung dari Stasiun Manggarai ke Halte Tosari via Koridor 1 disediakan.

    "Ini merupakan layanan terobosan untuk mengakomodasi pelanggan KCI (PT Kereta Commuter Indonesia) yang perlu bergegas menuju pusat kota untuk bekerja," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT TransJakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangan tertulis, Kamis, 13 Februari 2020.

    Menurut dia, servis ini menjadi pelengkap layanan yang sudah ada. Penumpang bisa langsung menuju pusat kota, Halte Transjakarta Tosari, tanpa harus melalui rute koridor 4.

    Layanan dapat ditemui tepat di depan pintu keluar Stasiun Manggarai tanpa harus menyeberang ke koridor. Sebanyak enam bus tipe single dengan kapasitas 29 berdiri dan 36 duduk serta 1 kursi roda disediakan.

    "Hal ini kami upayakan sebagai bentuk antisipasi lonjakan pelanggan yang ada di Halte Stasiun Manggarai, terutama di jam-jam sibuk sibuk pagi hari mulai pukul 06.00–09.00 WIB dan sore hari pukul 17.00–20.00 WIB," imbuh Nadia.

    PT KCI membenahi wesel mulai hari ini hingga Minggu, 23 Februari 2020. Wasel merupakan konstruksi batang-batang rel kereta api yang bercabang tempat memindahkan arah jalan kereta api.

    Revitalisasi wesel di Stasiun Gambir dan di Jakarta Kota diperlukan untuk meminimalisasi gangguan perjalanan kereta api. Ada dua wesel yang diganti di Stasiun Gambir, wesel 11A dan wesel 21A (arah ke Stasiun Juanda), dan empat wesel di Stasiun Jakarta Kota, wesel 13B, wesel 23B1/B2, wesel 23A1, dan wesel 43B1/B2, yang akan diganti dengan wesel scissor baru dan wesel Inggris.

    Wesel di Stasiun Gambir perlu diganti untuk meningkatkan fleksibilitas pergantian jalur saat kereta melintas. Saat ini kondisi pada jalur 3 dan 4 tidak dapat dilintasi kereta ke jalur hilir atau arah Jakarta Kota. Dengan wesel baru, ke empat jalur di Stasiun Gambir dapat dilalui kereta untuk mengarah ke Jakarta Kota sehingga dapat mengurai antrean kereta lintas Manggarai-Jakarta Kota.

    “Wesel yang selama ini dipakai sudah saatnya diganti, untuk wesel di Stasiun Gambir sudah beroperasi sejak 1992, sedangkan wesel di Stasiun Jakarta Kota terakhir diganti pada 1970, bahkan materialnya sudah tidak diproduksi lagi,” jelas Executive Vice President Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Dadan Rudiansyah.

    Revitalisasi wesel juga dapat menjadi alternatif pengaturan perjalanan kereta. Apabila dalam kondisi tertentu terjadi kendala di jalur layang, pelayanan dapat lebih terakomodasi melalui pergantian jalur menggunakan wesel baru.

    Stasiun Gambir dan Jakarta Kota merupakan stasiun besar di area Daop 1 Jakarta yang melayani perjalanan kereta api jarak jauh dan kereta rel listrik (KRL). Penggantian wesel di kedua stasiun berdampak pada perjalanan KRL dari dan menuju Jakarta Kota. Untuk memaksimalkan operasional perjalanan KRL, rekayasa pola operasi diberlakukan.

    Selama proses pekerjaan berlangsung dari 281 perjalanan KRL yang menuju Jakarta Kota, terdapat sekitar 45 perjalanan yang direkayasa yakni diberlakukan pola operasi berakhir di Stasiun Manggarai. Dari 45 perjalanan, 25 di antaranya KRL dari Bekasi/Cikarang dan 20 perjalanan KRL dari Bogor/Depok menuju Jakarta Kota.

    Kereta lain yang melintas di Stasiun Manggarai akan mengalami waktu tempuh lebih panjang. Khusus kereta api jarak uauh, beberapa kereta keberangkatan Stasiun Gambir akan dipindah jalur keberangkatan. PT KAI Daop 1 mengatur ulang pola pemeriksaan harian pada sarana untuk meminimalisasi risiko kelambatan pada perjalanan kereta api jarak jauh.

    PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas rekayasa operasi selama pekerjaan revitalisasi prasarana wesel berlangsung. Masyarakat dihimbau selalu memperhatikan informasi perjalanan melalui seluruh media informasi di area stasiun maupun di dalam rangkaian.

    Daop 1 mengingatkan tidak semua KRL berakhir di Manggarai. Dari total 281 perjalanan KRL dari Bogor dan Bekasi, hanya 45 perjalanan yang direkayasa. Masyarakat dapat menggunakan moda transportasi lainnya sebagai solusi hingga penggantian wesel selesai.

    Berikut rute TransJakarta Non-BRT Hybrid Stasiun Manggarai-Halte Tosari: 
    Stasiun Manggarai-Halte BRT Manggarai-Jalan Sultan Agung-Jalan Galunggung-Jalan Jenderal Sudirman-Halte BRT Tosari-Jalan Blora-Jalan Latuharhari-Jalan Galunggung-Jalan Tambak-Jalan Manggarai Selatan 1-Stasiun Manggarai.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id