comscore

Buruh Minta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Gratis

Cindy - 01 Mei 2019 13:06 WIB
Buruh Minta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Gratis
Sejumlah buruh menggelar aksi untuk menuntut kesejahteraan dalam memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) di Jakarta. Foto: Cindy/Medcom.id
Jakarta: Para buruh meminta pemerintah menggratiskan angsuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan. Sebab, angsuran itu menambah beban buruh.

"Beban kerja buruh sudah berat. Tapi harus ditambah dengan angsuran lintah darat bernama BPJS," ujar koordinator lapangan Serikat Pekerja Nasional (SPN), Kusmin di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 1 Mei 2019. 
Dia mengatakan pelayanan kesehatan yang diberikan BPJS juga menuai kontroversi di sejumlah daerah. Rumah sakit dinilai tidak profesional dalam melayani pengguna BPJS.

Mereka juga meminta para pekerja perempuan yang kerap mengalami kekerasan dan pelecehan seksual diperhatikan. Pemerintah didesak segera meratifikasi konvensi ILO 183 tentang Perlindungan Maternitas. 

"Banyak pekerja perempuan yang mengalami kekerasan dan pelecehan seksual tak berani melaporkannya. Sehingga, menyulitkan posisi mereka dan meninggalkan jejak trauma berkepanjangan," kata dia.

Di sisi lain, SPN menuntut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan dicabut. PP itu dinilai tidak menyelesaikan permasalahan buruh.

Selain itu, para buruh ini juga menuntut penegakan hukum ketenagakerjaan, serta pencabutan Permenaker Nomor 36 Tahun 2016 Tentang Pemagangan. Menurut dia, selama ini banyak buruh terpaksa bekerja dengan upah minim karena sulit mendaat pekerjaan. 

"Belakangan ini marak pemagangan. Pengangguran makin tinggi memaksa kami untuk menerima pekerjaan dengan upah rendah dan status kerja yang tidak jelas," ujar dia.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id