Dishub Siapkan Denda Otomatis Parkir di Trotoar

    Antara - 22 November 2019 15:54 WIB
    Dishub Siapkan Denda Otomatis Parkir di Trotoar
    Parkir liar di Pasar Tanah Abang. Foto: Medcom.id/M Shalahadhin Azhar
    Jakarta: Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan intelligent smart system pada 2020. Sistem ini bakal menindak secara otomatis pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di trotoar maupun jalur sepeda.

    "Jadi, misalnya, di beberapa kawasan yang saat ini disinyalir menjadi blind spot atau tempat pelanggaran yang ada, itu akan dipasangkan kamera CCTV yang sifatnya analytic sehingga kita bisa langsung memberikan tindakan berupa sanksi," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat ditemui di FX Sudirman, Jumat, 22 November 2019.

    Hingga saat ini pihaknya bersama Satuan Polisi Pamung Praja (Satpol PP) baru menindak secara manual untuk menertibkan kendaraan di trotoar. Alhasil, masih banyak kendaraan yang luput dari pengawasan.

    Penertiban yang dilakukan Dinas Perhubungan DKI untuk mengatasi parkir liar itu dikenal dengan operasi cabut pentil. Aksi ini berlangsung pada pagi dan sore hari di lima wilayah DKI Jakarta. 

    Operasi cabut pentil dilakukan dengan menggembosi ban kendaraan yang diparkir di trotoar maupun jalur sepeda. Selain itu tindakan yang dapat dilakukan adalah membawa kendaraan ke fasilitas pemerintah dan mengunci ban kendaraan. 

    Dalam operasi cabut pentil, kendaraan yang kerap terjaring ialah ojek daring yang menunggu penumpangnya di dekat fasilitas-fasilitas publik. Sanksi yang diterapkan dalam operasi cabut pentil berlandaskan Peraturan Daerah (Perda) DKI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.






    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id