PDIP Tak Masalah Bekasi 'Merapat' ke DKI

    Nur Azizah - 22 Agustus 2019 10:32 WIB
    PDIP Tak Masalah Bekasi 'Merapat' ke DKI
    Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono. (Foto: Dok./DPRD DKI)
    Jakarta: Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta tak mempermasalahkan Kota Bekasi bergabung dengan ibu kota. Namun, penggabungan harus melalui kajian menyeluruh.

    "Kita butuh kajian konperhensif bagaimana penggabungan beberapa daerah ke DKI Jakarta agar apa pun yang diputuskan menjadi kehendak semua pihak," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono, di Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019.

    Menurut Gembong, wacana menggabungkan DKI dan Bekasi harus melibatkan seluruh elemen, termasuk masyarakat. Di sisi lain, dia mendukung apa pun langkah yang akan diambil pemerintah.

    "Kalau ditanya apakah setuju? Kalau sudah menjadi kewenangan (pemerintah pusat) saya kira PDI Perjuangan pasti akan menyokong itu. Sepakat sih," ujar dia.

    Gembong menuturkan masuknya Bekasi ke DKI tak akan membebani anggaran ibu kota. Sebab, Bekasi memiliki Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) sendiri.

    Baca juga: Bekasi Dinilai Lebih Baik Kembali ke Jakarta

    "Kan ada kompensasi PAD yang bisa dimasukkan juga. Katakanlah Bekasi masuk, PAD kita akan bertambah juga. Kalau soal itu enggak terlalu masalah," pungkas dia.

    Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak mempermasalahkan wacana pemekaran Kota Bekasi menjadi Jakarta Tenggara. Anies mengatakan bakal mematuhi keputusan pemerintah pusat.

    "Jadi, aspirasi itu kita menghargai, kita hormati. Biar berproses di Pemerintah Pusat karena prosesnya bukan dengan antarwilayah," ujar dia.

    Anies menilai bila dilihat dari segi ekonomi, Bekasi sudah terintegrasi dengan Jakarta. Kota-kota itu hanya dipisahkan secara administrasi.

    "Tapi secara ekonomi, Jakarta, kabupaten dan kota seperti Bekasi, Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Depok, itu sebagai suatu perekonomian itu relatif terintegrasi," jelas Anies.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id