Skema Rekayasa Lalu Lintas Jakarnaval 2019

    Theofilus Ifan Sucipto - 28 Juni 2019 08:32 WIB
    Skema Rekayasa Lalu Lintas Jakarnaval 2019
    Ilustrasi rekayasa lalu lintas. (Foto: MI/Angga Yuniar)
    Jakarta: Rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-492 masih berlangsung melalui acara Jakarnaval 2019 pada 29-30 Juni 2019. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal memberlakukan rekayasa lalu lintas.

    "Rekayasa lalu lintas Jakarnaval 2019 terbagi dua yaitu Sabtu, 29 Juni 2019 saat gladi resik pukul 15.00 sampai 18.00 WIB dan pelaksanaannya pada Minggu, 30 Juni 2019 pukul 15.00 sampai 18.00 WIB," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko di Jakarta, Kamis, 27 Juni 2019.

    Sigit mengatakan Dishub DKI bakal memberlakukan skema penutupan ruas jalan dan pengalihan arus lalu lintas. Pihaknya akan menutup sisi selatan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, pada gladi resik.

    Sedangkan lalu lintas dari Jalan MI Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Merdeka Timur. Kemudian lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Selatan sisi Utara mengarah ke arah timur dari arah barat, yang akan berputar menuju Jalan Medan Merdeka Selatan sisi Selatan untuk kembali ke arah barat dialihkan ke Jalan Merdeka Timur atau Jalan MI Ridwan Rais.

    Baca juga: Jakarnaval 2019, Puncak HUT ke-492 Kota Jakarta

    Sigit melanjutkan Dishub DKI juga akan menutup beberapa ruas jalan saat pelaksanaan Jakarnaval 2019. Penutupan ruas itu diberlakukan di Jalan Medan Merdeka Selatan sisi utara dan selatan dan ruas Jalan MH Thamrin sisi timur.

    "Ruas Jalan Imam Bonjol juga ditutup," imbuh Sigit.

    Pengalihan arus lalu lintas juga akan dilakukan di sejumlah titik. Di antaranya, alu lintas dari Jalan MI Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

    Kedua, arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Barat yang akan menuju bundaran air mancur Bank Indonesia diarahkan putar balik di depan Museum Gajah. Selain itu, arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Bundaran HI dialihkan belok kiri ke Jalan Pamekasan.

    "Sementara arus lalu lintas dari Jalan Wahid Hasyim sisi barat menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Wahid Hsayim timur diberlakukan penutupan jalan secara situasional begitu juga arah sebaliknya," tambah dia.

    Baca juga: Anies Sebut Keramahan Warga Betawi Simpul Persatuan Jakarta

    Selain itu, arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih sisi Barat menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Kebon Sirih sisi timur dan arah sebaliknya juga akan diberlakukan penutupan jalan secara situasional. Terakhir, arus lalu lintas dari Jalan Budi Kemuliaan menuju Jalan Medan Merdeka Barat atau menuju Jalan Medan Merdeka Selatan atau menuju Jalan MH Thamrin turut diberlakukan penutupan jalan situasional.

    Sigit menjelaskan masyarakat bisa menggunakan beberapa kantong parkir yang disediakan. Kantong parkir tersebut berada di Park and Ride Thamrin 10, IRTI Monas, Plaza Mandiri, dan Jalan Imam Bonjol. Masyarakat diminta menyesuaikan kondisi tersebut.

    "Diimbau kepada pengguna jalan agar menyesuaikan dengan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan," pungkas Sigit.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id