Usulan Pemulangan Pengangguran ke Daerah Asal Dinilai Tepat

    Sri Yanti Nainggolan - 11 Mei 2020 19:03 WIB
    Usulan Pemulangan Pengangguran ke Daerah Asal Dinilai Tepat
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Usulan memulangkan para perantau yang telah kehilangan pekerjaan di Jakarta dinilai tepat. Mereka dianggap lebih baik pulang ke daerah asalnya agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    "Bila ingin standar hidup layak, sebaiknya pulang kampung," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz, Senin, 11 Mei 2020.

    Aziz mengatakan para perantau tak bisa berekspektasi lebih kepada Pemprov DKI, terutama dengan bantuan sosial (bansos). Pasalnya, bansos hanya mencakup sebagian dari kebutuhan minimal.

    "Karena menurut UU yang ada, pemerintah akan mencakup kebutuhan bila dilakukan karantina wilayah," imbuh politikus PKS itu.

    Dia pun meminta Pemprov DKI Jakarta mengkaji dengan serius soal keberadaan pengangguran di Ibu Kota. "Kita perlu analisis berdasarkan data dan kebutuhan," ucap dia.

    Baca: Pemerintah Disarankan Pulangkan Pengangguran ke Daerah Asal

    Pemerintah diminta memulangkan perantau yang kehilangan pekerjaan selama pandemi virus korona (covid-19). Langkah itu perlu dilakukan sehingga mereka tidak menjadi beban bagi Pemprov DKI Jakarta.

    "Karena pemerintah sendiri tidak bisa memberi kepastian hidup," kata pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, kepada Medcom.id, Minggu, 10 Mei 2020.

    Menurut dia, perantau yang kehilangan pekerjaan akan kesulitan jika tetap bertahan di Ibu Kota. Mereka harus berjuang memenuhi kebutuhan di tengah keterbatasan tanpa ada pekerjaan.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id