Anies Menginstruksikan Lurah Mengawasi Warga Secara Mikro

    Kautsar Widya Prabowo - 18 Mei 2021 20:01 WIB
    Anies Menginstruksikan Lurah Mengawasi Warga Secara Mikro
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Cindy.



    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan seluruh lurah memantau mobilitas warganya yang baru pulang mudik. Hal itu tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pengawasan dan Pengendalian Mobilitas Penduduk dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 Pasca Hari Raya Idulfitri 1442 Hijirah.

    "Para lurah melakukan pengendalian skala mikro di lingkungan RT dan RW bersama Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa)," bunyi Ingub Nomor 33 yang dikutip Medcom.id, Selasa, 18 Mei 2021.

     



    Instruksi itu berlaku mulai 15-30 Mei 2021. Setiap lurah diharuskan menjalankan sejumlah upaya terhadap masyarakat yang baru pulang mudik. Setiap masyarakat yang tidak dapat menunjukkan surat bebas covid-19, diharuskan dibawa ke puskesmas terdekat.

    Selain itu, masyarakat yang menjalani isolasi mandiri harus dipantau secara rutin mulai pukul 08.00-19.00 WIB. Koordinasi dengan RT dan RW juga harus dilakukan dalam mendata warga yang terinfeksi covid-19.

    Baca: Lima Keluarga Terpapar Covid-19, Satu RT di Ciracas Lockdown

    Anies meminta lurah dapat menerapkan mikro lockdown terhadap daerah yang ditemukan kasus covid-19 lebih dari lima rumah. Hal ini untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut.

    Kemudian, lurah harus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Instruksi itu untuk mendata masyarakat yang mudik menggunakan surat izin keluar masuk (SIKM), aplikasi data warga, dan warga yang tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Jakarta.

    "Melaporkan pelaksanaan tugas sesuai Instruksi Gubernur ini kepada Walikota/Bupati Kepulauan Seribu dengan tembusan camat setiap hari," tulis Anies.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id