comscore

Sosialisasi Pengoperasian Kopaja TransJakarta Minim

Arga sumantri - 23 Desember 2015 14:59 WIB
Sosialisasi Pengoperasian Kopaja TransJakarta Minim
Bus ukuran sedang Kopaja yang tergabung dalam TransJakarta. (Foto: MTVN/Intan Fauzi)
medcom.id, Jakarta: Sosialisasi pengoperasian bus Kopaja terintegrasi TransJakarta masih minim. Banyak warga Jakarta belum mengetahui rencana pengoperasian bus pengumpan Transjakarta itu.
 
Warga Jakarta Lisna Okdiana, 24, mengaku senang dengan pengoperasian Kopaja itu. Namun dia belum mengetahui rute yang dilalui dan tarif yang diberlakukan. "Bagus juga, jam tunggu bus jadi lebih cepat. Tapi tarifnya gimana? Rute yang dilalui mana saja?” tanya Lisna kepada Metrotvnews.com di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (23/12/2015).
 
Sama halnya dengan Lisna, seorang warga lainnya, Rifqi, 26, tak tahu wilayah mana saja yang dilalui bus Kopaja TransJakarta itu. Sebagai pengguna setia kopaja reguler, Rifqi bingung jika harus beralih ke Kopaja TransJakarta.
 
"Kalau lewat jalur TransJakarta, berarti hanya berhenti di halte yang telah ditentukan. Tidak bisa turun di lokasi tujuan. Harus jalan dulu dan bayarnya ribet juga," kata Rifqi.
 
Lisna dan Rifqi berharap pemerintah gencar melakukan sosialisasi pada warga sebelum Kopaja TransJakarta benar-benar beroperasi. Sebab, keberadaan maupun mekanisme kerja Kopaja pengumpan itu masih asing di telinga warga.
 
Kopaja TransJakarta rencananya beroperasi pekan depan. Sebanyak 320 bus sedang akan beroperasi di lima rute lintas koridor TransJakarta.

Dinas Perhubungan dan Transportrasi Jakarta akan mensosialisasikan rute yang dilalui bus berwana biru putih itu. Seperti rute Monas - PIK, Ragunan - Monas, Ragunan - Dukuh Atas, Lebak Bulus - Senen via Stasiun Cikini dan Blok M - Manggarai via Stasiun Manggarai.
 
Direktur PT Transjakarta Antonius NS Kosasih mengatakan, rute itu ditentukan berdasarkan hasil kajian PT TransJakarta, bersama Dinas Perhubungan DKI, Dewan Transportasi Kota Jakarta serta Organisasi Angkutan Darat (Organda).
 
Recananya, rute Monas - PIK akan dilayani 30 bus, rute Ragunan - Monas 50 bus, Ragunan - Dukuh Atas 50 bus, Lebak Bulus - Senen via Stasiun Cikini 80 bus dan Blok M - Manggarai via Stasiun Manggarai 40 bus. Sedangkan sisanya 70 bus dioperasikan untuk rute lain.
 
Kopaja TransJakarta berfungsi sebagai angkutan pengumpan yang mengambil penumpang dari luar koridor. Bus itu memiliki fasilitas sama dengan bus TransJakarta pada umumnya. Tiap armada dilengkapi GPS agar mereka tidak keluar jalur yang sudah ditentukan. Sedangkan kamera pengintai untuk mengetahui semua kejadian di depan bus.
 
Tidak seperti bus-bus Kopaja reguler, Kopaja berstandar TransJakarta tidak menerapkan sistem setoran. Kopaja menerapkan sistem rupiah per kilometer. Tarif yang diberlakukan sebesar Rp3.500 sekali jalan.
(FZN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id