Jakarta Membatasi Pengunjung Restoran 50 Persen

    Siti Yona Hukmana - 26 Oktober 2020 15:58 WIB
    Jakarta Membatasi Pengunjung Restoran 50 Persen
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Cindy.
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengantisipasi libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada Rabu, 28 Oktober 2020 hingga Minggu, 1 November 2020. Salah satunya membatasi jumlah pengunjung restoran.

    "Kalau datang ke restoran, kalau satu keluarga kan boleh satu meja, tapi kapasitas restorannya tidak boleh lebih dari 50 persen. Jadi jangan sampai karena satu keluarga, lalu akhirnya ketentuan 50 persen terlanggar," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 26 Oktober 2020.

    Pemprov DKI Jakarta akan memantau ketat restoran dan tempat umum di Ibu Kota. Pelanggar protokol kesehatan bisa ditindak sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 79 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

    Restoran yang melanggar bisa ditutup sementara. Sedangkan masyarakat bisa didenda dan sanksi kerja sosial.

    Baca: Anies Anjurkan Masyarakat di Rumah Saat Libur Panjang

    Anies menganjurkan masyarakat di rumah saja saat libur panjang. Dia menilai temuan kasus covid-19 bisa melonjak pascalibur panjang.

    "Selama libur panjang anjuran kami adalah di rumah saja. Pengalaman kita Agustus lalu saat libur panjang terjadi lonjakan kasus dua minggu berikutnya. Ini juga pola yang sama yang kita temukan di bulan ini," ucap Anies.

    Anies mengajukan pertimbangan peniadaan libur panjang akhir Oktober 2020 dalam rapat bersama tim gugus tugas covid-19 tiga pekan lalu. Namun, Anies menyebut pemerintah pusat memutuskan libur panjang tetap berlangsung.

    "Ya sudah, keputusan pemerintah pusat itu sekarang kita jalani dan kita antisipasi semuanya secara efektif," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id