Cuaca Ekstrem, Jakarta Dihantui Hujan Disertai Petir 3 Hari ke Depan

    Sri Yanti Nainggolan - 12 Maret 2021 17:30 WIB
    Cuaca Ekstrem, Jakarta Dihantui Hujan Disertai Petir 3 Hari ke Depan
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Badan Penanggungan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini soal potensi cuaca ekstrem. Kondisi itu diprediksi terjadi selama akhir pekan ini.

    "Berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah DKI Jakarta pada (Jumat) 12 sampai (Minggu) 14 Maret 2021," bunyi keterangan di akun Twitter @BPBDJakarta, Jumat, 12 Maret 2021.






    BPBD DKI mengutip data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebut cuaca ekstrem ini disebabkan pusat tekanan rendah di utara khatulistiwa, tepatnya Laut Sulu-Laut Cina Selatan. Tekanan ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Kalimantan Utara, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dan di Laut Sulawesi. 

    Baca: BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Peralihan Musim

    Selain itu, sirkulasi siklonik muncul di perairan Barat Aceh yang membentuk konvergensi memanjang dari Selat Malaka hingga Aceh. Pusat tekanan rendah lainnya ada selatan khatulistiwa, tepatnya perairan selatan Jawa Timur dan Samudera Hindia barat daya Jawa.

    Tekanan rendah membentuk konvergensi memanjang dari perairan selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur dan belokan angin/shear di Laut Flores dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Konvergensi juga muncul memanjang dari Sumatra Barat hingga Bengkulu, pesisir selatan Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan bagian utara, dan Papua bagian utara.

    "Kondisi ini mampu menyebabkan peningkatan pembentukan awan hujan di sekitar pusat tekanan rendah, sirkulasi siklonik, dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," terang BPBD DKI.

    BPBD DKI Jakarta mengimbau organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, camat, dan lurah daerah rawan banjir atau longsor mengantisipasi cuaca buruk tersebut. Petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) serta satuan tugas (satgas) banjir atau petugas kebersihan luar gedung (PKLG) Dinas Sumber Daya Air di tingkat kecamatan diminta bersiaga.

    "Hubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," imbau BPDB DKI.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id