Gerindra DKI Minta Syarat Rumah DP Rp0 Diperlunak

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 30 Desember 2019 05:11 WIB
    Gerindra DKI Minta Syarat Rumah DP Rp0 Diperlunak
    Warga Jakarta melihat-lihat rumah contoh program down payment (DP) 0 rupiah. (Foto: MI/Mohamad Irfan)
    Jakarta: Gerindra DKI Jakarta meminta agar syarat administrasi Rumah DP Rp0 diperlunak. Karena peminatnya tinggi namun sayang banyak yang ditolak.

    Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M. Taufik menjelaskan banyaknya pengajuan warga yang ditolak lantaran mempunyai tanggungan kredit lain. Terbanyak, kata Taufik tanggungan kredit motor. Alhasil, itu membuat Bank DKI meragukan stabilitas dan kemampuan warga membayar cicilan.

    “Syaratnyadikurangi, bisa enggak? Mestinya bisa, contoh bisa kurangi PBB yang nominalnya Rp1 miliar gratis, kenapa ini enggak bisa? Kita dorong persyaratan diperlunak, sehingga banyak yang memenuhi syarat walaupun memang kita sepakat harus yang benar-benar belum punya rumah,” kata Taufik di Wisma Garuda,  Cipayung, Jakarta Timur, 29 Desember 2019.

    Taufik menyebut tidak bisa dipungkiri masyarakat Jakarta membutuhkan program ini. Menurut dia masih ada 60 persen warga Jakarta yang mengontrak.

    Untuk itu ia berharap Bank DKI bersama Anies memikirkan dengan serius. Salah satunya dengan Bank DKI bersurat kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), meminta keringanan syarat besaran dari sepertiga gaji menjadi seperempat gaji.

    “Insyaallah bisa kalau serius berpikir diperlunak, banyak perizinan, saya yakin bisa,” ujarnya.

    Ia juga mengingatkan tugas pemerintah untuk mempercepat pembangunan Rumah DP Rp0 ini. Karena berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) total rumah yang dibangun mencapai 250 ribu unit.

    “Tugas pemerintah adalah membangun sebanyak-banyaknya, 200 ribu (unit) itu dalam lima tahun. Berarti per tahun 50 ribu, yang 200 ribu itu tanggung jawab swasta,” terangnya.



    (EKO)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id