Kelurahan di DKI Disarankan Sediakan Perahu Karet

    Sri Yanti Nainggolan - 16 Januari 2020 11:32 WIB
    Kelurahan di DKI Disarankan Sediakan Perahu Karet
    Petugas Tagana mengevakuasi warga yang terjebak banjir di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Rabu, 1 Januari 2020. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Tiap kelurahan di DKI Jakarta disarankan dilengkapi peralatan evakuasi banjir. Hal ini diperlukan untuk menghadapi cuaca ekstrem yang berlangsung hingga Februari 2020. 

    "RT atau RW yang kemarin terdampak banjir parah seharusnya ada perahu karet," kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai NasDem Nova Harivan Paloh kepada Medcom.id, Rabu, 15 Januari 2020. 

    Menurut dia, proses evakuasi warga kurang maksimal pada penanganan banjir awal 2020. DKI harus melakukan upaya preventif yang efektif.

    Selain itu, program teknis sebaiknya tetap dijalankan. Pompa air, contoh dia, perlu dipantau sembari menetapkan target relokasi warga untuk mendukung normalisasi sungai. 

    "Kalau pompa air perlu ditambah, biar dimasukkan dalam anggaran perubahan," ujar dia. 

    Banjir menerjang Jakarta dan sekitarnya pada Rabu, 1 Januari 2020. Luapan air diduga akibat intensitas hujan tinggi saat malam pergantian tahun.

    Sebanyak 12 kecamatan tercatat terendam banjir pada Sabtu, 4 Januari 2020. Jakarta Barat menjadi wilayah yang terparah dilanda banjir. Bencana ini membuat puluhan ribu warga Jakarta harus mengungsi dan 16 orang meninggal.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id