Pengendara Otopet Listrik di JPO Bakal Kena Sanksi

    Sri Yanti Nainggolan - 14 November 2019 18:00 WIB
    Pengendara Otopet Listrik di JPO Bakal Kena Sanksi
    Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
    Jakarta: Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan memberikan sanksi bagi pengendara otopet listrik yang melintas di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Regulasi otopet listrik masih digodok.

    "JPO sebagaimana kita ketahui di sana kita sudah larang jadi artinya bagi para pengguna otopet listrik begitu berada di ruang JPO wajib mematikan otopet listrik dan cukup menuntun saja," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Kamis, otopet November 2019. 

    Syafrin menyebut pembuatan regulasi bakal mengacu Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 284. Aturan menyebut pengemudi kendaraan bermotor yang mengabaikan keselamatan pejalan kaki akan diancam pidana kurungan maksimal 2 bulan dan denda maksimal Rp500 ribu. UU berlaku buat pengguna sepeda.

    Aturan juga bakal mengacu Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan dan Perpes Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.

    "Pergub ini akan kita lakukan pengaturan tentu terkait dengan spesifikasi teknis kendaraannya sehingga memenuhi aspek keselamatan, kenyamanan, baik itu pengguna maupun masyarakat yang berada di ruang lalu lintas," kata dia. 

    Syafrin menyarankan ada sistem khusus dalam otopet listrik yang membuat kendaraan tak bisa beroperasi di JPO. Ia sudah mengajukan ide ini pada pihak operator kendaraan. 

    "Begitu otopet listrik ini berada di ruang JPO, dia otomatis off dan tidak bisa diaktivasi sehingga pengguna akan menuntun saja otopet listrik," tutur dia. 





    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id