Pademangan Tak Miliki TPU

    Nur Azizah - 14 September 2018 07:28 WIB
    Pademangan Tak Miliki TPU
    Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik. Medcom.id Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Pimpinan Forum Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik mengkritik Dinas Kehutanan DKI Jakarta terkait ketersediaan tempat pemakaman umum (TPU) di kawasan Jakarta Utara. Bahkan di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara tidak ada satu pun TPU.

    Padahal ketersediaan TPU menjadi salah satu hal yang vital. Dia pun membandingkan ketersediaan TPU di empat wilayah lainnya di Ibu Kota.

    "Di Jakarta Utara ada satu kecamatan yang tidak ada kuburan yaitu Kecamatan Pademangan. Itu enggak ada kuburan sejengkal pun," kata Taufik di DPRD DKI Jakarta, Kamis, 13 September 2018.

    Menurut Taufik Jakarta Utara paling langka soal lahan makam. Warga yang meninggal terpaksa dimakamkan di wilayah yang jauh dari tempat tinggalnya.

    "Pikir dong masa wilayah Jakarta lainnya punya kuburan gede-gede, Jakarta Utara enggak ada kuburannya. Susah kalau mau dikuburkan itu," ujar dia.

    Politikus Partai Gerindra ini juga mempermasalahkan kondisi TPU Budi Dharma, Jakarta Utara. Setiap musim hujan TPU Budi Dharma banjir.

    "Itu TPU Budi Dharma dikuburannya sudah tiga lapis, orang dikubur dengan air," ujar Wakil Ketua DPRD DKI itu.

    Menanggapi Taufik Kepala Bidang Pemakaman Dinas Kehutanan DKI Jakarta Siti Hasni menyampaikan Pemprov DKI telah memiliki lahan seluas 22 hektar di Rorotan, Jakarta Utara. Lahan akan disiapkan untuk menjadi pemakaman.

    "Ada lahan di Rorotan seluas 22 hektare. Tahun ini kami lakukan pemagaran. Lalu ada rencana bantuan pengurukan," tutur Hasni.

    Terkait TPU Budhi Dharma Hasni menjelaskan bahwa sarana dan prasarana di TPU sedang dibangun secara bertahap. "Sedikit demi sedikit kami benahi di TPU Budhi  Dharma," jelas Hasni.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id