Warga Kampung Pulo belum Tahu Rencana Penataan Kawasan Kumuh

    Whisnu Mardiansyah - 20 November 2017 15:56 WIB
    Warga Kampung Pulo belum Tahu Rencana Penataan Kawasan Kumuh
    Ilustrasi: Permukiman kumuh. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.



    Jakarta: Warga Kampung Pulo belum mengetahui rencana penataan kawasan kampung kumuh oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Padahal, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, RW 02 dan 03 Kampung Pulo masuk lima wilayah kumuh kategori berat di Jakarta.

    Ketua RW 03 Aga mengaku belum mendapatkan kabar mengenai wacana itu. Dia pun menampik wilayahnya masih dianggap kawasan kumuh.






    "Kalau sekarang Kampung Pulo engga sekumuh dulu. Mungkin yang paling terkenal Kampung Pulo," ujar Aga kepada medcom.id, di rumahnya, Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin, 20 November 2017.

    Menurut dia, sejak adanya proyek normalisasi kali Ciliwung, wilayahnya kini lebih tertata. Apalagi, banjir tak lagi menjadi ancaman bagi warga. Dia pun menilai penataan kawasan kumuh kepada wilayahnya salah alamat.

    "Seharusnya wilayah Tanah Rendah, Kebon Pala. Di sana lebih padat dari sini. Dan banjirnya sekarang di sana," ujar dia.

    Dia juga mempertanyakan konsep penataan yang digaungkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Wakil Gubernur Sandiaga Uno. "Kalau mau ditata bagaimana," ucap dia.

    Sementara itu, Ika, warga lain, setuju dengan penataan wilayah kumuh. Namun, ia menolak keras jika penataan justru merugikan warga dengan konsep penggusuran.

    "Kalau ditata setuju-setuju aja. Kita minta pompa diperbanyak biar banjir berkurang," ujar dia.

    Sebelumnya, Sandiaga mengatakan ada 16 kampung kumuh di Jakarta yang akan ditata. Mereka dibenahi dengan program rumah berlapis dengan konsep konsolidasi tanah.

    "Setelah itu, kami akan coba hadirkan solusi permanen untuk kampung-kampung yang selama ini dituduh kumuh dan miskin atau kumis serta kupat atau kumuh dan padat," ujar Sandi, Jumat, 10 November 2017.

    Baca: Pemprov DKI Berambisi Hilangkan Kampung Kumuh

    Beberapa kampung yang akan ditata adalah Kampung Akuarium dan Muara Angke, Jakarta Utara. Pendataan penataan kampung kumuh juga menyasar permukiman yang ditata pemerintahan sebelumnya.

    "Ada beberapa yang sempat ditertibkan sebelumnya sebagai bagian dari kebijakan pemerintah sebelumnya. Kami akan rapikan," kata Sandi.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id