DKI Lebih Fokus pada Jenis Usaha Dibandingkan Batas Usia

    Sri Yanti Nainggolan - 13 Mei 2020 14:53 WIB
    DKI Lebih Fokus pada Jenis Usaha Dibandingkan Batas Usia
    Ilustrasi Jakarta. Medcom.id/Nur Azizah
    Jakarta: Pemprov DKI menyerahkan sepenuhnya perusahaan atau tempat usaha terkait keputusan pemerintah pusat yang memperbolehkan warga usia di bawah 45 tahun kembali bekerja. Pemprov DKI tak bakal mempermasalahkan.

    "Disnaker tidak mempermasalahkan usia kerja, yang dilihat adalah jenis usahanya," ujar Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnaker) DKI Jakarta Andri Yansyah saat dikonfirmasi, Rabu, 13 Mei 2020.

    Ia menyebut perusahaan yang dikecualikan dalam 11 sektor boleh beroperasi. Namun, protokol pencegahan covid-19 (korona) tetap harus dilaksanakan.

    (Baca: Pekerja Berusia 45 Tahun Hanya Boleh Bekerja di 11 Sektor)

    Andri menuturkan perusahaan yang tidak masuk kategori 11 sektor dan tidak memiliki izin operasional serta mobilitas kegiatan industri (IOMKI), tetap tutup. "Kalau masuk kategori yang tidak dikecualikan tapi ada IOMKI, boleh tetap beroperasi tapi harus memperhatikan protokol covid-19," tutur dia.

    Sebelumnya, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta warga berusia kurang dari 45 tahun diberikan ruang untuk bekerja. Hal ini untuk menekan tingkat pemutusan hubungan kerja (PHK) di tengah pandemi covid-19.

    "Bapak Presiden (Joko Widodo) telah menugaskan kepala gugus tugas untuk menyusun skenario yang berhubungan dengan upaya yang berhubungan keseimbangan. Kita tetap menjaga masyarakat untuk tidak terpapar virus korona, tetapi juga kita harus berjuang secara keras agar masyarakat tidak terpapar PHK," kata Doni di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Senin, 11 Mei 2020.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id