Seluruh Bus TransJakarta Bermesin Listrik di 2029

    Putri Anisa Yuliani - 03 Februari 2020 19:36 WIB
    Seluruh Bus TransJakarta Bermesin Listrik di 2029
    Uji coba bus listrik TransJakarta di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Foto: MI/Rifaldo Irianto
    Jakarta: PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menargetkan seluruh armada sudah bertenaga listrik pada 2029. Langkah ini dimulai pada 2020 dengan pengadaan 100 unit bus melalui operator.

    "Kita menargetkan secara bertahap dapat mengganti semua armada yang berbahan bakar minyak maupun gas dengan listrik," kata Kepala Divisi Teknik dan Manajemen Operasi PT TransJakarta Eri Riawan di Jakarta, Senin, 3 Februari 2020.

    Menurut dia, di 2029, TransJakarta ditargetkan mengerahkan 14 ribu bus untuk mencakup berbagai wilayah Ibu Kota. Bila tercapai, jumlah armada Transjakarta ini akan meningkat dari 2019 yang hanya 3.548 unit.

    Namun, ada kendala yang dihadapi TransJakarta bila hendak menggencarkan bus listrik sebagai bagian dari implementasi Instruksi Gubernur DKI Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara Jakarta. Hal ini terkait nilai investasi bus listrik yang selangit.

    Nilai investasi bus listrik dua kali hingga tiga kali lipat dari bus berbahan bakar minyak dan gas. Hal itu disebabkan teknologinya yang baru, belum banyak yang diminati, serta harga komponen mesinnya mahal, khususnya pada baterainya.

    "Baterainya sangat mahal dan hanya bertahan delapan tahun. Setelah itu belum ada yang bisa mengetahui bagaimana untuk bisa memperpanjang usia bus tersebut," ungkap Eri.

    Kendala ini belum ditambah soal bea masuk kendaraan listrik yang mencapai 40 persen hingga 50 persen. Perhitungan ini masih belum termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) 10 persen. Harga yang mahal dikhawatirkan akan menimbulkan keengganan operator beralih ke bus listrik.

    "Memang harus ada upaya untuk ini. Bila tidak kita akan sulit. Ini harus menjadi komitmen bersama untuk menjaga lingkungan dan menggunakan energi yang berkelanjutan," ujar Eri.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id