321 Pedagang Pasar di DKI Positif Covid-19

    Putri Anisa Yuliani - 15 September 2020 14:22 WIB
    321 Pedagang Pasar di DKI Positif Covid-19
    Ilustrasi korona. Medcom.id
    Jakarta: Sebanyak 321 pedagang pasar di Jakarta dilaporkan terpapar virus korona (covid-19). Jumlah itu tersebar di 51 pasar.

    "Jakarta masih yang tertinggi secara nasional. Satu orang di antaranya meninggal dunia," kata Ketua Umum DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Ikappi Abdullah Mansuri dalam keterangan tertulis, Selasa, 15 September 2020.

    Abdullah menuturkan secara nasional 1.344 pedagang pasar terpapar covid-19. Jumlah ini tersebar di 239 pasar di 96 kabupaten dan 27 provinsi.

    Sebanyak 47 pedagang di antaranya meninggal. "Data ini merupakan pukulan berat bagi kami. Di saat kami sedang mengalami tekanan daya beli masyarakat yang menurun secara terus-menerus," kata Abdullah.

    (Baca: Anies: Protokol Kesehatan di Pasar Lebih Baik Ketimbang di Kantor)

    Abdullah menuturkan sepekan terakhir Ikappi mencatat penurunan omzet pedagang 60 persen sampai 70 persen. Namun, dia menegaskan pihaknya harus terus bertahan.

    Pihaknya juga telah melakukan sosialiasi dengan pola edukasi persuasif. Sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

    "Edukasi menekankan keuntungan dan kerugian pelaksanaan protokol kesehatan. Misalnya, kalau sampai pasar tutup karena ada yang positif siapa yang rugi? Atau kalau sampai harus isolasi 2 minggu tidak bisa jualan, siapa yang rugi?" beber dia.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id