Sejumlah Titik di Jakarta Tergenang Akibat Hujan Senin Sore

    Putri Anisa Yuliani - 28 April 2020 10:46 WIB
    Sejumlah Titik di Jakarta Tergenang Akibat Hujan Senin Sore
    Sejumlah kendaraan menerjang banjir yang menggenangi Jalan Kayu Putih Raya, Pulomas, Jakarta Timur, Minggu, 23 Februari 2020. Foto: MI/Andri Widiyanto
    Jakarta: Sejumlah titik di Jakarta tergenang setinggi antara 30 centimeter (cm) hingga 50 cm. Luapan air disebabkan hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin sore, 27 April 2020.

    "Rata-rata terjadi genangan akibat hujan yang cukup deras serta luapan Kali Pesanggrahan," kata Kepala Pusat Data Informasi Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, M. Insyaf saat dikonfirmasi, Selasa, 28 April 2020.

    Insyaf memerinci wilayah yang tergenang, yakni Kelurahan Kembangan Utara satu rukun warga (RW) dengan ketinggian air 20 cm, Kelurahan Kembangan Selatan satu RW ketinggian air 40 cm-60 cm, Kelurahan Kedoya Selatan dua RW dengan ketinggian air 30 cm-50 cm, dan Kelurahan Rawa Buaya satu RW ketinggian air 20 cm.

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memberikan peringatan akan adanya cuaca ekstrem yakni hujan lebat yang mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta.

    Hal ini akibat kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil di wilayah Indonesia hingga beberapa hari ke depan, serta meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi tersebut dipicu aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan sirkulasi siklonik di sekitar Laut Jawa bagian barat, serta di perairan utara Maluku dan Papua Barat yang membentuk daerah belokan dan pertemuan angin (konvergensi).

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id