comscore

Operasional TransKopaja Rugikan Angkutan Umum & Ojek

Wanda Indana - 26 Januari 2016 19:47 WIB
Operasional TransKopaja Rugikan Angkutan Umum & Ojek
Ojek pangkalan di kawsan Rusun Marunda menunggu penumpang. (Foto:MTVN/Wanda Indana)
medcom.id, Jakarta: Kehadiran layanan bus pengumpan (Feeder) TransKopaja di rumah susun (rusun) Marunda, Jakarta Utara merugikan angkutan umum dan ojek sepeda motor. Sebab, penumpang mereka kini beralih ke TransKopaja yang dioperasikan secara gratis.
 
Sopir angkutan umum KWK 05 Marwah, 42, mengaku kehilangan banyak penumpang. Biasanya, Marwah bisa membawa 10 penumpang dari rusun Marunda setiap hari.
 
"Setelah ada bus itu (TransKopaja) enggak ada penumpang. Lihat, bangku pada kosong. Sangat merugikan," kata Marwah kepada Metrotvnews.com di kawasan Rusun Marunda, Jakarta Utara, Selasa (26/1/2016).
 
Pendapatan Marwah berkurang hingga 50 persen. Dia hanya bisa mengambil penumpang di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) yang berlokasi di dekat Rusun Marunda.
 
"Paling saya bawa penumpang STIP. Itu pun yang yang mau ke arah Cilincing. Bus TransJakarta juga ambil penumpang kita di STIP," katanya.
 
Kerugian paling parah dialami ojek pangkalan yang berada di pertigaan Si Pitung. Sebelum ada bus pengumpan, rata-rata mereka bisa membawa 10 penumpang. Kini mereka beralih menjadi ojek online.
 
"Sangat merugikan sekali. Sekarang dapat lima penumpang saja sulit. Selain reguler, kita juga layani penumpang online," kata tukang ojek Aji.
 
Layanan bus pengumpan TransJakarta di Rusun Marunda diluncurkan pada Minggu 17 Januari. Khusus penghuni rusun Marunda digratiskan menggunakan bus pengumpan. Sementara, penumpang umum dikenakan tarif sebesar Rp3.500.

(FZN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id