Instalasi Gabion Tak Sampai Rp150 Juta

    Annisa ayu artanti - 26 Agustus 2019 00:09 WIB
    Instalasi Gabion Tak Sampai Rp150 Juta
    Instalasi seni gabion di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. MI/Pius Erlangga.
    Jakarta: Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati menyebut, anggaran pengadaan instalasi Gabion yang terletak di Bundaran Hotel Indonesia tidak menelan dana Rp150 juta. Anggaran Rp150 juta yang sempat disebutkannya beberapa waktu lalu merupakan gabungan dari anggaran menghias kota, seperti umbul-umbul, dekorasi gelar bunga, dan gabion.

    "Bukan hanya membuat satu titik ini tapi satu anggaran di dinas kehutanan, di bidang pertamanan yang didalamnya ada susunan layaknya menghias kota," kata Suzi saat ditemui di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggi, 25 Agustus 2019.

    Namun sayangnya ia tidak menyebutkan rinci anggaran untuk pengadaan gabion tersebut. Ia hanya menegaskan, anggaran seperti ini memang telah dialokasikan Pemprov DKI dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk menghias kota pada acara tertentu.

    "Nanti kita akan lagi detailkan (anggaran Gabion), supaya semua menjadi terbuka," ucap dia.

    Di sisi lain, Suzi juga mengatakan, pengadaan gabion ini tidak melalui proses lelang. Dinas kehutanan melalui tim teknis dinas kehutanan pemerintah provinsi turun langsung menjadi arsitektur pembuatan gabion. Tim teknis tersebut terdiri dari ahli lanskap, ahli sipil, dan arsitektur.

    "(Arsitektur gabion) Tim teknis dinas kehutanan tidak ada seniman," sebut dia.

    Sebelumnya, pemerhati isu lingkungan Riyanni Djangkaru mengkritik material yang digunakan di instalasi gabion di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Riyanni menyayangkan penggunaan terumbu karang yang telah mati dalam instalasi seni itu.
     
    "Ada karang otak dan berbagai jenis batuan karang lain yang amat mudah dikenali. Kami menjadi bingung, memandang satu sama Iain dalam kebisuan, bukannya terumbu karang dilindungi penuh?" tulis Riyanni dalam akun Instagramnya, Jakarta, Minggu, 25 Agustus 2019.

    Gabion dipasang menggantikan instalasi bambu Getih getah. Sebelumnya, disebutkan jika anggaran untuk membuat gabion mencapai sekitar Rp150 juta.

    Baca: Pemprov DKI Bantah Gabion Terbuat dari Terumbu Karang 

    Gabion merupakan anyaman kawat yang diisi batu bronjong dan karang. Biasanya, batu bronjong digunakan untuk melindungi dan memperkuat tebing tanah lereng sungai atau lereng tanggul.
     
    Intalasi ini terdiri dari tiga gabion dengan ukuran berbeda. Di atas gabion dihiasi bunga bougenville yang berfungsi menyerap polutan di ibu kota.



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id