Jalur Sepeda Perlu Diberi Pagar Pembatas

    Antara - 25 November 2019 15:04 WIB
    Jalur Sepeda Perlu Diberi Pagar Pembatas
    Jalur sepeda di Jalan Asia-Afrika, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
    Jakarta: Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menilai jalur sepeda yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta belum efektif. Fasilitas ini seharusnya diberikan pagar pembatas. 

    "Di Tiongkok sikap warganya hampir sama dengan Indonesia, sulit diatur. Jadi memang harus dibangun pagar itu supaya jelas penindakannya nanti," kata Djoko di Jakarta, Senin, 25 November 2019. 

    Dosen Teknik Sipil di Universitas Katolik Soegijapranat, Semarang, Jawa Tengah, ini menilai tanpa sarana yang memadai, Pemprov akan sulit mengajak warga untuk mau bersepeda. Pasalnya, petugas tak akan bisa menjamin seluruh jalur sepeda steril dari kendaraan bermotor. 

    "Kalau hanya andalkan SDM (sumber daya manusia) polisi dan Dishub (Dinas Perhubungan) hanya 'cilukba' saja nanti karena akan sulit ditindak, hanya kejar-kejaran terus nanti," kata Djoko.

    Selain itu, sosialisasi penggunaan sepeda sejak dini harus sudah mulai diterapkan. Anak-anak sekolah, contoh dia, harus dibiasakan berangkat sekolah menggunakan sepeda. Sementara itu, sosialisasi jalur sepeda saat ini terlalu singkat.

    Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menyebut pemilik kendaraan bermotor yang melintas dan parkir di jalur sepeda dikenai sanksi Pasal 284 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Denda maksimal Rp500 ribu mengintai pelanggar.

    Pembatas jalur yang disediakan Pemprov DKI berupa marka putih dan hijau solid. Namun, pengemudi yang melewati jalur sepeda yang putus-putus tidak dikenai tilang karena lokasi itu mix traffic.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id