comscore

Proyek MRT Glodok-Kota, Rekayasa Lalin Diterapkan Hingga Akhir 2021

Fachri Audhia Hafiez - 31 Agustus 2021 14:30 WIB
Proyek MRT Glodok-Kota, Rekayasa Lalin Diterapkan Hingga Akhir 2021
Penumpang menunggu antrean MRT. Foto: MI/Pius Erlangga
Jakarta: Rekayasa lalu lintas (lalin) akan diberlakukan imbas pembangunan Stasiun MRT Jakarta Glodok dan Kota. Salah satunya, rekayasa lalin di Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk untuk proyek Stasiun Glodok.

"Rekayasa lalu lintas tahap 1 akan dimulai pada 20 September-31 Desember 2021," kata Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim melalui telekonferensi, Selasa, 31 Agustus 2021.

 



Rekayasa lalin itu terkait dengan sejumlah pengerjaan. Hal ini meliputi pembongkaran media jalan, relokasi pohon, utilitas di tengah jalan, hingga memindahkan halte TransJakarta.

"Jadi, ada pembangunan halte sementara. Nanti setelah halte sementara selesai, maka halte existing akan kita bongkar," ujar Silvia.

Baca: MRT Hingga Kereta Bandara Akan Terintegrasi di Transport Hub Dukuh Atas

Rekayasa lalin juga tak terhindarkan di Jalan Pintu Besar Selatan untuk pembangunan Stasiun MRT Jakarta Kota. Rekayasa lalin tahap nol itu berlangsung pada 1 September-31 Oktober 2021.

Silvia mengaku bakal ada rekayasa lalin signifikan di kawasan tersebut. Pasalnya, koridor tersebut tergolong wilayah sempit. 

"Jadi memang untuk mengakomodasi pembangunan ini kita harus mengokupansi seluruh Jalan Pintu Besar Selatan," ujar Silvia.

Pada tahap nol, pengurangan jumlah jalur dilakukan. Pengurangan jalur untuk memudahkan pembenahan utilitas dan pelebaran jalan.

Pada tahap berikutnya atau sepanjang November 2021, penutupan Jalan Pintu Besar Selatan dari lalin reguler dilakukan. Jalan hanya akan dilalui bus TransJakarta dan penghuni di sepanjang kawasan itu.

Arus kendaraan dari Jalan Gajah Mada ke utara akan dialihkan ke Jalan Pancoran. Arus kendaraan dari Jalan Mangga Dua Raya ke selatan diarahkan ke Jalan Pinangsia Raya.

Proyek Stasiun MRT Jakarta Glodok dan Kota bagian dari pembangunan Fase 2A MRT Jakarta Bundaran HI hingga Kota atau disebut paket kontrak CP203. Paket ini mengerjakan Stasiun Glodok sepanjang 240 meter dan Stasiun Kota sepanjang 411,2 meter. Selain itu, ada terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 kilometer.

Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id