DKI Tingkatkan 3T Hadapi Varian Baru Covid-19

    Sri Yanti Nainggolan - 10 Maret 2021 16:54 WIB
    DKI Tingkatkan 3T Hadapi Varian Baru Covid-19
    Ilustrasi korona. Medcom.id



    Jakarta: Mutasi covid-19 asal Inggris, B117, telah terdeteksi di Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus meningkatkan 3T (testing, tracing, treatment) untuk mengantisipasi varian corona baru itu.

    "Prinsipnya kalau kemampuan kita untuk mengantisipasi B117 ya sama, kembali ke prinsip isolasi, tracing, testing," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Dwi Oktavia, saat dihubungi, Rabu, 10 Maret 2021.

     



    Ia mengaku DKI belum bisa menerapkan pemeriksaan sekuens genom (pengurutan DNA). Sekuens genom dilakukan untuk mendeteksi virus yang berbeda.

    Dwi menjelaskan sekuens genom biasanya dilakukan berdasarkan daerah sentinel, di mana fasilitas pendukung sudah tersedia untuk surveilans sentinel. Sentinel berarti area yang dipantau, namun tidak dalam lingkup luas dengan harapan penyebaran masih kecil.

    (Baca: Pemerintah Perlu Tingkatkan Pengurutan DNA untuk Deteksi Mutasi Covid-19)

    "Itu pemerintah pusat yang melakukan pengaturan dari fasilitas laboratorium mana saja yang melakukan tindakan lanjut sampai genom sekuens," terang Dwi.

    Pemprov DKI akan fokus pada penelusuran kontak kasus konfirmasi. Mereka yang kontak erat harus menjalani karantina 14 hari.

    "Karena dia kemungkinan tertular," ucap dia.

    Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menemukan enam sampel dengan virus corona mutasi B117 yang tersebar di empat provinsi. Yakni DKI Jakarta tiga sampel, Kalimantan Selatan satu sampel, Sumatra Utara, dan Sumatera Selatan masing-masing satu sampel.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id