90% Pompa Air di Jakarta Siap Beroperasi

    Sri Yanti Nainggolan - 11 November 2020 22:50 WIB
    90% Pompa Air di Jakarta Siap Beroperasi
    Petugas Dinas Sumber Daya Air memeriksa pompa air di rumah Pompa Waduk Setia Budi Timur. ANTARA/Reno Esnir
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersiap menghadapi musim hujan. Sebanyak 90 persen pompa air sudah diperbaiki.

    "Ada 178 rumah pompa dan itu sudah kita servis, kita sudah perbaiki karena kita kerja sama dengan ATPM (agen tunggal pemegang merek)," terang Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini saat dihubungi, Rabu, 11 November 2020
     
    Sementara itu, 10 persen rumah pompa masih diperbaiki. Pompa yang ada di rumah pompa berjenis pompa stasioner atau pompa diam.

    "Karena memang masa pemiliharaan, pompa itu seperti mobil, kilometer 20 ribu harus diservis, kilometer 50 ribu harus diservis," papar dia.

    Baca: Tiga Tantangan di Musim Hujan Versi Anies

    Juaini juga mengungkapkan bahwa tahun ini terdapat pengadaan pompa mobile 19 unit dan pompa apung 65 unit. Kemudian, sudah ada pengerjaan drainase vertikal atau sumur resapan di sekitar 3.000 titik yang tersebar di lima wilayah kota. Proyek tersebut sebagai antisipasi banjir.

    Pemprov DKI Jakarta menargetkan 5.000 drainase vertikal sebagai antisipasi banjir. "Rencananya kita akan membuka vendor-vendor baru yang bisa mengerjakan lebih banyak," tambah dia.

    Dia mengungkap kemungkinan kerja sama hibah dengan masyarakat terkait proyek drainase vertikal. Masyarakat bisa mengerjakan drainase jika memiliki luas halaman rumah yang sesuai.

    "Rencananya, kita juga imbau masyarakat mengajukan kalau memang mau ikut andil dalam pembuatan vertikal drainase," ujar dia.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id