Antisipasi Banjir, Kali Sekretaris di Jakbar Dikeruk

    Sri Yanti Nainggolan - 15 Oktober 2020 18:20 WIB
    Antisipasi Banjir, Kali Sekretaris di Jakbar Dikeruk
    Ilustrasi Kali Sekretaris. MI/Bary Fathahilah
    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengeruk sedimen lumpur dan sampah melalui program Gerebek Lumpur sebagai antisipasi banjir. Pengerukan dilakukan di Kali Sekretaris, segmen Jalan Sasak III, Jakarta Barat, Kamis, 15 Oktober 2020.

    "Karena kawasan ini sering banjir sehingga sekitar kawasan ini perlu dikeruk," ujar Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf dalam keterangan tertulis, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan hulu Kali Sekretaris berada di Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, yang melintasi wilayah Jakarta Selatan hingga Jakarta Barat. Kali Sekretaris biasa mendapat kiriman banjir dari hulu.

    "Selama ini mungkin sudah banyak endapan lumpur di kali ini sehingga harus kita keruk untuk menambah kapasitas," tutur dia.

    Juaini mengungkapkan daerah sekitar kali yang padat penduduk membuat pengerukan tidak bisa terlalu dalam. Pengerukan maksimal hingga kedalaman 1 meter.

    Sebanyak 100 anggota satuan tugas lintas dinas dikerahkan dalam pengerukan, seperti Dinas dan Sudin SDA, Dinas Bina Marga, serta PPSU Kelurahan dan Kecamatan.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id