Penyelenggaraan Pilkada DKI Menunggu Revisi UU Pemilu

    Kautsar Widya Prabowo - 27 Januari 2021 05:31 WIB
    Penyelenggaraan Pilkada DKI Menunggu Revisi UU Pemilu
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta belum menentukan waktu penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada). Hal itu akan ditentukan setelah DPR mengesahkan revisi Undang-Undang tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

    "Setau saya UU-nya masih dibahas di DPR," ujar Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos kepada Medcom.id, Selasa, 26 Januari 2021.




    Betty enggan memastikan pesta demokrasi di Jakarta dapat terselenggara pada 2022. KPU DKI masih menunggu kepastian dari RUU Pemilu yang masih dalam pembahasan antara pemerintah dan DPR.

    "Kita belum bisa menyimpulkan (waktu pelaksanaan) masih nunggu kabar pembentukan dan penyusunan RUU. Kita tunggu saja ya," ujar dia.

    Baca: Daftar 35 Gugatan Pilkada yang Dihadapi KPU Hari Ini

    Komisi II DPR mendorong pelaksanaan pilkada tidak akan digelar bersamaan dengan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) pada 2024. Pilkada akan dihelat pada 2027.

    "Dalam draf undang-undang (revisi UU Pemilu) yang sekarang kita milih opsi yang pertama, yaitu dengan melaksanakan pilkada serentak nasional di 2027 dan konsekuensinya pilkada serentak sebelum itu, di 2022 dan 2023," kata Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tanjung dalam diskusi virtual bertajuk 'Revisi UU Pemilu dan Pilkada 2022', Minggu, 24 Januari 2021.

    Kerangka hukum ketentuan ini akan diatur melalui revisi UU Pemilu. Beleid tersebut masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

    Sebanyak 101 kepala daerah meliputi sembilan provinsi, termasuk DKI Jakarta, masa jabatannya akan berakhir pada 2022. Namun, pelaksanaan waktu penyelenggaraan pilkada masih menunggu keputusan DPR.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id