Detail Konsep Wajah 'Monas Baru'

    Cindy - 12 Februari 2020 21:21 WIB
    Detail Konsep Wajah 'Monas Baru'
    Konsep desain revitalisasi Monas - Medcom.id/Cindy.
    Jakarta: Konsep utama dari desain revitalisasi Monas dipastikan berbeda dengan sebelumnya. Monas yang akan datang diklaim mendekatkan cagar budaya Jakarta dengan masyarakat.

    "Sekarang adalah orang diajak lebih dekat kepada monumen bukan seperti dulu monumen harus jauh diberi jarak sehingga orang merasa kecil dalam skalanya," kata arsitek pemenang sayembara, Deddy Wahjudi di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Februari 2020.

    Menurut Deddy, desainnya dirancang agar masyarakat bisa masuk lebih dekat ke Monas tanpa harus melewati sistem tertentu. Sementara ruang agung akan tetap memerlukan izin untuk masuk. 

    Tata ruang di kawasan Monas juga dipastikan berubah, misalnya di sisi selatan Monas akan dibangun pelataran upacara. Kemudian, di pusat lenggang Jakarta atau parkir IRTI yang berada di sisi selatan dipindahkan ke sisi timur dekat Stasiun Gambir.

    "Pemprov DKI bisa kolaborasi dengan PT KAI, nanti stasiun Gambir jadi bagian Plaza Timur. Supaya lebih mudah dari stasiun Gambir ke Monas dari sisi timur. Nah, di kanan kita tempatkan Lenggang Jakarta yang dipindah dari selatan," kata Deddy.

    Detail Konsep Wajah 'Monas Baru'
    Ilustrasi kawasan Monas. Foto: MI Pius Erlangga

    Selanjutnya, di pusat lenggang Jakarta diubah menjadi ruang terbuka hijau. Sedangkan, di sisi barat Monas akan dibangun stasiun MRT. 

    Di sisi utara menuju Istana Kepresidenan akan distrerilkan. Deddy merancang agar memindahkan rusa-rusa untuk ditempatkan bersama dengan Plaza Aspirasi. Plaza Aspirasi untuk masyarakat yang ingin mengungkapkan pendapatnya ke arah istana.

    "Jadi rusa-rusa itu kita usul pindah ke utara sehingga aktivitas publik lebih direduksi di sini dan jadi buffer kepada kegiatan yang lebih private ke istana," tegas Deddy.



    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id