Pelanggar PSBB di Jakut Disanksi Membersihkan Fasilitas Umum

    Yurike Budiman - 18 Mei 2020 08:58 WIB
    Pelanggar PSBB di Jakut Disanksi Membersihkan Fasilitas Umum
    Ratusan pelanggar PSBB disanksi membersihkan fasilitas umum. Medcom.id/Yurike Budiman.
    Jakarta: Sebanyak 101 pengunjung kafe remang-remang dan tujuh pelaku tawuran yang melanggar penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mendapat sanksi dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara. Mereka diberi sanksi membersihkan fasilitas umum di sekitar Danau Sunter, Jakarta Utara.

    "Kepada 101 pengunjung di kafe yang tadi malam diamankan, ditambah dengan adanya tindakan tujuh orang dari warga yang tawuran, kami akan kenakan sanksi berupa kewajiban mereka untuk merawat dan membersihkan fasilitas umum yang ada di Jakarta Utara, sebagaimana yang diatur dalam Pergub 41/2020," kata Wali Kota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko, di Mapolres Jakarta Utara, Minggu, 17 Mei 2020.

    Sigit mengatakan sanksi yang diberikan kepada pelanggar PSBB itu sesuai aturan yang berlaku. Kegiatan masyarakat di luar rumah yang diizinkan selama PSBB merupakan aktivitas yang dibenarkan dalam Pergub No 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Dalam Penanganan COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta dan Pergub No 41 Tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Provinsi DKI Jakarta.

    "Sanksi sudah ditingkatkan sesuai dengan Pergub 41/2020. Karenanya kami berkoordinasi bahwa tindakan hukum yang dikerjakan harus punya deterrent effect (efek jera) yang maksimal, optimal," ujar Sigit.

    Baca: Pemprov Jatim Gelontorkan Rp161 Miliar untuk PSBB Surabaya Raya

    Dia berharap sanksi ini menjadi catatan bagi masyarakat untuk selalu disiplin. Pemkot Jakut tak segan memberikan sanksi warga yang membandel.

    "Setiap pelanggaran tentu konsekuensi dan sanksi akan terus kami tegakkan. Sehingga masyarakat Jakarta Utara bisa segera terbebas dari covid-19," kata dia.

    Pemkot Jakarta Utara memastikan situasi wilayah tetap dalam keadaan tertib, aman dan damai, selama PSBB masih berlangsung.

    Tim Tiger Polres Metro Jakarta Utara, telah mengamankan 106 orang yang melanggar PSBB lantaran masih beraktivitas di tujuh kafe remang-remang sekitar Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu dini hari, 17 Mei dini hari. Lima orang lainnya ditetapkan sebagai tersangka karena juga terbukti melakukan tindak pidana perdagangan orang. Di hari yang sama, polisi juga mengamankan tujuh orang warga yang melakukan tawuran di Jalan Bugis, Tanjung Priok.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id