Tes Swab Hewan Kurban Tidak Diperlukan

    Fachri Audhia Hafiez - 28 Juni 2020 15:31 WIB
    Tes Swab Hewan Kurban Tidak Diperlukan
    Ilustrasi hewan kurban/MI/Agus Utantoro
    Jakarta: Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta mematikan tidak melakukan tes swab covid-19 ke hewan kurban. Sebab, surat edaran Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) tidak mengatur hal tersebut.

    Kementan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 0008/SE/PK.320/F/06/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Nonalam Covid-19. Dalam surat ini disampaikan penjualan dan pemotongan hewan kurban harus menerapkan protokol kesehatan.

    "Surat edaran Kementan tidak ada (mengatur tes swab)," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KPKP DKI Jakarta, Rismiati, kepada Medcom.id, Minggu, 28 Juni 2020.

    Rismiati menjelaskan, tidak ada bukti yang menyebutkan virus covid-19 menular dari hewan ke manusia juga menjadi landasan. Namun, kondisi hewan kurban harus sehat dan pelaksanaan penyembelihan menyesuaikan protokol kesehatan covid-19.

    Syarat hewan kurban masuk ke DKI Jakarta juga harus dilengkapi surat kesehatan hewan ternak. Pemasok hewan ternak harus membuat izin pemasukan ternak lewat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) DKI Jakarta. Izin pemasukan ternak antara pemasok perusahaan dan individu dibuat berbeda.

    Baca: Syarat Hewan Ternak Bisa Masuk Jakarta

    Untuk pemasok individu diwajibkan menyertakan izin daerah asal untuk pemasukan hewan ternak. Sementara itu, pemasok dari perusahaan wajib menyertakan izin usaha ternak. Penyalur hewan ternak juga mesti memiliki surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id