Anies Sebut Sudah Siapkan Sejumlah Hal untuk Karantina Wilayah

    Cindy - 30 Maret 2020 19:37 WIB
    Anies Sebut Sudah Siapkan Sejumlah Hal untuk Karantina Wilayah
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id
    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengirim surat usulan karantina wilayah kepada Pemerintah Pusat. Pemprov DKI tengah menunggu persetujuan.

    "Saya mengusulkan ada beberapa sektor yang harus tetap berkegiatan yakni energi, pangan, kesehatan, komunikasi, dan keuangan. Itu yang kita pandang mendapat perhatian," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 30 Maret 2020.

    Anies menuturkan sektor yang diusulkan tetap berkegiatan bisa ditambah sesuai kebutuhan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku juga telah menyiapkan sejumlah skenario karantina wilayah Ibu kota.

    Skenario baik pendistribusian logistik untuk masyarakat hingga simulasi penutupan akses keluar masuk Jakarta. "Kemudian salah satunya penutupan semua layanan bus antar kota antar provinsi (AKAP), antar jemput antar provinsi (AJAP) dan pariwisata, " kata Anies.

    (Baca: Jokowi Tegaskan Karantina Wilayah Wewenang Pemerintah Pusat)

    Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Pemprov DKI juga telah memberlakukan pembatasan sosial (social distancing) berskala besar. Arahan tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan.

    "Di pasal 59 Ayat 3 disebutkan peliburan sekolah dan tempat kerja kemudian pembatasan kegiatan keagamaan, kegiatan di tempat umum dan fasilitas umum," ucap dia.

    Anies berharap pemerintah pusat menerima usulan karantina wilayah tersebut dan menyerahkan komando penuh kepada Pemprov DKI. Sehingga pihaknya bisa melakukan penegakan hukum terkait pembatasan sosial dan karantina wilayah.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id