Tiap Tahun, Ribuan Pasangan di Tangerang Cerai

    Farhan Dwitama - 14 Januari 2016 11:04 WIB
    Tiap Tahun, Ribuan Pasangan di Tangerang Cerai
    Suasana di loket Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang. (Metrotvnews.com/Farhan)
    medcom.id, Tangerang: Angka perceraian di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang terus meningkat. Persoalan ekonomi dan kekerasan dalam rumah tangga jadi penyebab utama. Perceraian didominasi pasangan usia 25-30 tahun.

    Berdasar data Pengadilan Agama Tigaraksa, jumlah perkara perceraian di tahun 2015 tercatat 4.700 kasus. Perkara ini meningkat 500 kasus dibanding tahun 2014, sebanyak 4.500 perkara cerai.

    Kamis, 14 Januari 2016, Humas PA Tigaraksa, Fitriyel Hanif memprediksi perkara perceraian akan meningkat. Dia mengambil contoh pada bulan pertama tahun ini. 

    "Dalam dua pekan di bulan Januari 2016, sampai hari ini saja, perkara terdaftar sudah 100 permohonan. Sepertinya tahun 2016 angka perceraian akan semakin bertambah untuk dua wilayah ini," ujar Fitriyel yang juga Hakim di PA Tigaraksa.

    PA Tigaraksa menangani sidang perceraian untuk wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Di pengadilan ini, kata dia, paling banyak gugatan cerai diajukan oleh perempuan. 

    Fitriyel menyebut ada banyak alasan perempuan mengajukan cerai. Misalnya, didorong terjadinya KDRT.

    "Kenapa ada KDRT, utamanya didasari atas persoalan ekonomi, atau tanggung jawab nafkah suami. Kedua, soal perselingkuhan, juga banyak alasan lainnya," bebernya.

    Dari sisi usia pemohon, kata dia, pasangan berumur 25-35 paling dominan. "60-70 persen perkara cerai dilakukan oleh pasangan antara 25-35 tahun. Usia 20-25 paling 10 persen dari jumlah total. Di atas 35 tahun mencapai 20 persen," ungkapnya.

    Pengadilan biasanya bakal melakukan mediasi sebelum menggelar sidang perceraian. Tujuannya, agar pasangan kembali rukun dan rumah tangganya langgeng. 

    "Langkah mediasi, paling berhasil hanya 10 persen dari total perkara yang ada," tuturnya.



    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id