Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta Mulai 12 Oktober

    Nur Azizah - 10 September 2019 11:41 WIB
    Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta Mulai 12 Oktober
    Kendaraan melintas di jalur bus transjakarta, kawasan Pasar Rumput, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Foto: Medcom.id/Aprillio Akbar
    Jakarta: TransJakarta bakal memasang tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE) di 12 koridor pada 12 Oktober 2019. Pemasangan e-TLE untuk membersihkan jalur TransJakarta dari kendaraan pribadi. 

    “Kunci masyarakat mau naik public transport adalah jalur yang lancar dan steril sehingga laju kecepatan kendaraan dapat diprediksi. Jam berapa bus datang dan sampai tujuan, bisa diprediksi," kata Direktur TransJakarta, Agung Wicaksono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa, 10 September 2019.

    Agung menyebut penggunaan e-TLE efektif mengurangi kemacetan serta melancarkan laju TransJakarta. Apalagi, e-TLE akurat mencatat pelanggaran. 

    “Sehingga bukti pelanggaran tidak dapat terelakkan lagi," kata dia. 

    Agung menuturkan, berdasarkan evaluasi, tingkat sterilisasi di jalur TransJakarta, 55% pada 2016 turun menjadi 51% pada 2018. Dia ingin penggunaan e-TLE memberikan efek jera pada pelanggar. Sebab, perusahaan pelat merah itu tidak bisa mengandalkan petugas di lapangan.

    "Kerja sama akan dilanjutkan mulai dari persiapan pengadaaan, pemasangan dan integrasi sistem elektronik. Pemasangan e-TLE ditargetkan selesai di akhir bulan September 2019, sedangkan berlaku penertiban tilang mulai 1 Oktober 2019," ucap dia.

    Agung berharap penerapan ini membuat jalur TransJakarta steril 100%. Ini untuk keamanan dan kenyamanan warga menggunakan transportasi publik.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id