Analisis BMKG soal Hujan di Jakarta

    20 Februari 2017 15:58 WIB
    Analisis BMKG soal Hujan di Jakarta
    Kendaraan melintasi genangan air di Jalan Kemang Utara IX, Jakarta, Minggu (19/2/2017). Tingginya curah hujan di DKI Jakarta serta buruknya drainase membuat kawasan tersebut mudah tergenang air. Antara Foto/Aprillio Akbar/aww/17.
    medcom.id, Jakarta: Hingga akhir Februari ini, Jakarta dan beberapa daerah lainnya terus diguyur hujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyebut tidak ada tanda-tanda cuaca ekstrem, tetapi kenapa hujan terus menerus?

    Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, sebenarnya cuaca saat ini normal seperti antara 2015-2016. "Yang terjadi sekarang ini adalah fenomena lokal.  Hujan ini masih belum di atas rata-rata," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Jakarta, Senin 20 Februari 2017.

    Andi menjelaskan, faktor-faktor penyebab cuaca ekstrem juga tidak muncul seperti La Nina, El Nino, Dipole Mode maupun massa udara basah.

    "Jadi gejalanya adalah gejala lokal, misalnya katakanlah, dalam gejala ini terjadi tekanan rendah yang kemudian memicu timbulnya konvergensi. Ini karena ada tekanan rendah di sebelah utara Australia," ujar Andi.

    Jika tekanan rendah tersebut hilang, dengan sendirinya kondisi cuaca akan membaik. Andi juga menyebutkan, jika dibandingkan hujan pada Januari dan Februari masih di bawah normal 30 tahunan.

    "Tapi kenapa timbul banjir. Ada beberapa faktor yang perlu kita lihat, misalnya luas permukaan tanah untuk menyerap air yang semakin berkurang, faktor lain adanya rob juga sampah yang menutup saluran air," tambah dia.

    Andi mengimbau kepada masyarakat, terutama di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur bahwa satu dua hari ke depan daerah itu akan menghadapi hujan dengan curah yang tinggi.

    "Hal ini disebabkan karena badai tropis Alfred yang terjadi di Australia akan sangat berpengaruh terhadap intensitas hujan," ujar Andi. Sebelumnya muncul tekanan rendah di Teluk Carpentaria yang memicu pumpunan awan dan saat ini tumbuh menjadi badai tropis. (Antara)



    (TRK)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id