Sosialisasi Pelarangan Kantong Plastik Dianggap Belum Maksimal

    Cindy - 02 Juli 2020 09:43 WIB
    Sosialisasi Pelarangan Kantong Plastik Dianggap Belum Maksimal
    Ilustrasi/MI/Sumaryanto
    Jakarta: Sosialisasi pelarangan kantong plastik di pasar tradisional belum maksimal. Masih banyak masyarakat menggunakan kantong plastik untuk membawa belanjaan.

    "Sosialisasi dalam Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019 (Tentang Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan) tersebut harusnya tidak hanya kepada pedagang tetapi  juga masyarakat," kata Ketua Bidang Hukum dan Advokasi DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKKAPI), Miftahudin di Jakarta, Kamis, 2 Juli 2020.

    Selain itu pedagang belum mendapat edukasi tentang bahaya penggunaan kantong plastik. IKAPPI memberi sejumlah masukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk memaksimalkan sosialisasi.

    Miftahudin mendorong Pemprov DKI melibatkan pedagang pasar, kelompok-kelompok pedagang pasar, hingga ketua blok pasar. Menurut dia, komponen tersebut bisa membantu menyosialisasikan pelarangan kantong plastik secara masif.

    "Pelibatan pedagang dalam setiap kebijakan Pemprov DKI menjadi kunci keberhasilan program itu dilaksanakan," ucap dia.

    Baca: Larangan Kantong Plastik untuk Menuju Jakarta Ramah Lingkungan

    Selain itu, Pemprov DKI harus mencari alternatif pengganti kantong plastik. Misalnya, penggunaan tas belanja yang dapat dipakai berkali-kali.

    IKKAPI mendorong Pemprov DKI memperhatikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan meminta mereka memproduksi tas-tas daur ulang. Pemda juga diminta menyediakan kantong alternatif untuk jenis barang dagangan yang mudah basah. 

    Miftahudin meminta Pemprov DKI mengizinkan pedagang memakai plastik-plastik kecil. Terutama untuk beberapa komoditas dagangan tertentu sementara waktu.

    "Karena ada beberapa komoditas yang tidak memungkinkan di jadikan satu dengan tas belanjaan, sampai ada alternatif kantong belanjaan yang tepat sesuai kebutuhan," ungkap Miftahudin. 

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id