Banjir Jakarta Dinilai Bukan Hanya Tanggung Jawab Gubernur

    Cindy - 16 Februari 2020 20:40 WIB
    Banjir Jakarta Dinilai Bukan Hanya Tanggung Jawab Gubernur
    Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto (tengah), di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Senin, 27 Januari 2020. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara
    Jakarta: Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menyebut penanganan banjir di DKI Jakarta bukan hanya tanggung jawab gubernur. Semua pihak dinilai harus ikut mengatasi banjir

    "Poin seperti ini sudah jadi politik. Kita harus lihat ini fenomena lintas wilayah, yang bertanggung jawab banyak," kata Bima di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 16 Februari 2020.

    Lembaga survei Indo Barometer mencatat penilaian masyarakat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paling kecil ketimbang pendahulunya dalam penanganan banjir. Sebanyak 42 persen masyarakat menilai Basuki Tjahja Purnama alias Ahok saat menjadi gubernur DKI Jakarta paling berhasil menangani banjir, Joko Widodo 25,8 persen, dan Anies 4,1 persen.

    Menurut Bima, penanganan banjir tak ada sangkut pautnya dengan urusan kepemimpinan. Sebab, banjir harus diatasi secara bersama-sama.

    "Banjir ini collective, ada peran ketua DPR di situ, bupati Bogor, ada wali kota Bogor, ada forum Jabodetabek," ucap Bima.

    Banjir Jakarta Dinilai Bukan Hanya Tanggung Jawab Gubernur
    Ilustrasi hujan deras sebabkan banjir. Foto: MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

    Bima menilai ada banyak faktor yang membuat Jakarta dilanda banjir sejak awal 2020. Salah satunya akibat besarnya air kiriman dari Bogor.

    "Kita kalau Bogor hujan terus delapan jam nonstop di Katulampa siaga II, kita agak stres karena Jakarta akan terendam. Jadi penyebabnya banyak, bisa di hulu deras atau di Jakarta deras, atau bisa juga di Jakarta drainasenya mati," terang dia.






    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id