Butuh Lahan Makam untuk Korban Covid-19, DKI Anggarkan Rp254 M

    Sri Yanti Nainggolan - 06 November 2020 17:21 WIB
    Butuh Lahan Makam untuk Korban Covid-19, DKI Anggarkan Rp254 M
    Lahan TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. ANT/Muhammad Adimaja



    Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menganggarkan dana Rp254 miliar untuk lahan ruang terbuka hijau (RTH) makam dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan DKI Jakarta 2020. Pengadaan makam berkaitan pandemi covid-19 (korona).

    "Pemprov DKI Jakarta masih membutuhkan lahan untuk pemakaman terkait covid-19," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Jumat, 6 November 2020.






    Ia menjelaskan tanah di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara, sedang dalam proses pematangan lahan. TPU belum belum siap digunakan untuk pemakaman korban covid-19.

    Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga mengungkapkan aset tanah di Pegadungan, Jakarta Barat, belum siap pakai dan perlu dilakukan kembali pengembalian batas. Tanah itu adalah hasil ruislag (tukar bangun) antara pengembang dengan Pemprov DKI Jakarta pada 1992.

    (Baca: 6 Ribu Petak Makam Khusus Covid-19 Disiapkan di TPU Rorotan)

    "Saat ini sedang dilakukan koordinasi antara BPAD (Badan Pengelola Aset Daerah) dan BPN (Badan Pertanahan Nasional) terkait dengan pengembalian batas tersebut," papar Anies.

    Sebelumnya, Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengkritisi pengadaan lahan senilai ratusan miliar.
    PSI heran lantaran Pemprov DKI Jakarta masih memiliki lahan makam di TPU Rorotan sekitar 25 hektare dan TPU Pegadungan sekitar 60 hektare.

    "Ada baiknya agar kebutuhan ini dipenuhi dengan memanfaatkan aset-aset yang telah kita miliki. Jangan sampai menyia-nyiakan aset yang telah dimiliki sehingga tidak siap pakai," ujar anggota Fraksi PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo dalam keterangan tertulis, Kamis, 5 November 2020.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id