DKI Rangkul Daerah Mitra Atasi Banjir

    Putri Anisa Yuliani - 25 Oktober 2019 15:18 WIB
    DKI Rangkul Daerah Mitra Atasi Banjir
    Ilustrasi banjir. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merangkul pemerintah daerah di sekitar Jakarta buat mengendalikan banjir. Kebijakan itu diterapkan dengan membangun waduk retensi di Bogor dan mendukung perbaikan situ di Depok.

    Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini mengatakan sudah beberapa kali melaksanakan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kota Bogor buat membangun waduk retensi. 

    "Karena penting bagi kita buat mencegat air di hulu sebelum masuk ke sungai-sungai kita. Karena limpasan air di sungai lebih karena kiriman air dari hulu," kata Juaini pada Media Indonesia, Jumat, 25 Oktober 2019. 

    Juaini menuturkan Pemkot Bogor menawarkan enam lokasi buat dijadikan waduk retensi. Beberapa di antaranya di wilayah Ciawi.

    Juaini menyebut pihaknya menunggu kepastian pembebasan lahan oleh Pemprov DKI.
    "Kita kan posisinya menunggu mereka. Setelah mereka beres soal kepastian lahan barulah kita bisa bergerak," kata dia. 

    Juaini menambahkan pihaknya berencana membangun penyaringan di titik-titik perbatasan. Hal itu juga akan bekerja sama dengan pemda mitra.

    Pemberian dana hibah buat daerah mitra juga terus dilakukan guna mengatasi masalah-masalah seperti banjir. Setiap daerah mitra diberikan dana hibah berdasarkan proposal yang diajukan. 

    Program-program harus beririsan dengan penanganan masalah di DKI. "Kita memang akan memberikan dana untuk membebaskan lahan. Tapi kita masih membutuhkan kepastian dari Pemkot Bogor terkait tanahnya. Itu untuk mencegah banjir di Jakarta," kata Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id